Tolak PHK PT Krakatau Steel, Serikat Buruh Dan Ormas Cilegon Gelar Demo

65303 medium post 70066 50b3613a 38e1 4e1c 9dee f8edf95c9da8 2019 07 02t22 47 08.157 07 00
Cilegon.,| - Ribuan buruh PT Krakatau Steel (KS) menggelar demonstrasi di depan pabrik Krakatau Steel, Cilegon, Banten. Mereka menolak adanya PHK dan restrukturisasi. Selasa (02/07/2019).
.
Setelah berorasi menyampaikan aspirasinya, ribuan buruh itu lalu melakukan konvoi ke depan Gedung Wali Kota Cilegon, dan melanjutkan demonstrasinya.
.
Kordinator pengunjukrasa Muhari Machdum mengatakan, aksi yang dilakukan bertujuan untuk sama-sama para buruh berjuang agar kebijakan resturkturisasi dan PHK sepihak tidak dilakukan oleh pihak PT Krakatau Steel. Sebab jika kebijakan tersebut benar-benar dilaksananakan akan berdampak terhadap ribuan buruh yang terancam di PHK.
.
"Kami menolak dua item, yaitu menolak dirumahkan dan menolak di-PHK," kata Muhari, wakil ketua Serikat Buruh Krakatau Steel (SBKS).
.
Demonstrasi diawali di depan kantor PT Krakatau Steel (KS). Kemudian, berlanjut ke depan Gedung Wali Kota Cilegon. Sebagian buruh memimpin aksi di atas mobil komando.
.
Krakatau Steel akan memberhentikan 2.500 buruh dengan alasan efisiensi. Sebelumnya, pada 1 Juni 2019, menurut Muhari, sudah sebanyak 529 buruh diberhentikan secara sepihak. 
.
"Bahkan ada dua serikat (buruh) di KS tidak diajak bicara, apalagi pemerintah," ujarnya.
.
Muhari menjelaskan, pada Senin, 1 Juli 2019, perwakilan buruh bersama Pemkot Cilegon melakukan rapat mengenai pemberhentian sepihak. Namun, perwakilan Krakatau Steel tidak ada yang hadir, sehingga tak ada kesepakatan yang bisa diakui bersama.
.
"Muspida harus mengundang direktur KS untuk menjembatani supaya tuntutan kami diselesaikan. Jangan sampai itu (PHK) dieksekusi langsung," jelas Muhari.
.
Dalam berita detik.com Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengungkapkan hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi apapun terkait rencana PHK tersebut.
.
"Belum ada laporan PHK (dari Krakatau Steel) belum ada rencana PHK juga kayaknya. Saya belum ada dapat laporan apa apa," kata Fajar saat dihubungi detikFinance, Kamis (27/6/2019).
. #AtmagoBanten #Atmago
Sudah dilihat 152 kali

Komentar