TNI Terjunkan Tim Medis dan Logistik ke Korban Bencana Lombok

29601 medium 28d9eddd 4782 42fa 80a3 caa9fbae9b1f 169
Surabaya - KRI dr Soeharso 990 dan KRI Karel Sasuitubun-356 diberangkatkan ke Lombok, NTB. Keberangkatan dua KRI dari Dermaga Ujung, Surabaya, ini membawa misi kemanusian terhadap korban bencana gempa Lombok.

"Bahwa sesuai dengan perintah Presiden melalui Panglima TNI terkait bencana yang menimpa saudara-saudara kita di Lombok, untuk segera mengirimkan bantuan. Dari TNI sudah membentuk tim reaski cepat penanggulan bencana (PCRPB) terdiri dari tiga angkatan. Jajaran angkatan laut khususnya di Mako koarmada II mengirimkan KRI dr Soeharso dengan dilengkapi tenaga medis," kata Komandan Guspurla Koarmada II Laksma TNI Erwin S.Aldedharma di Dermaga Madura Ujung Surabaya, Senin (6/8/2018).

Dia menjelaskan keberangkatan KRI dr Soeharso ini juga membawa beberapa bantuan logistik kesehatan dan juga alat-alat berat yang akan digunakan untuk melakukan penanggulangan bencana di Lombok.

"Beberapa bantuan bahan-bahan makanan juga ada d idalam kapal dan bantuan obat-obatan serta alat-alat berat milik TNI AD Yonzipur 10 Divisi II Kostrad mengirimkan personel 100 prajurit," ujar Erwin.

Sedangkan untuk tim kesehatan yang diberangkatkan menggunakan KRI dr Soeharso sebanyak 60 tenaga kesehatan. Meliputi dokter, perawat dan tenaga medis lainnya serta lembaga Farmasi TNI AL mengirim 1 paket obat-obatan berbagai jenis.

"Tadi pagi sudah diberangkatkan 60 tenaga medis. Siang ini ada tambahan sekitar 93 tenaga medis. Mudah-mudahan bisa mencukupi untuk membantu di sana," ungkapnya.

Erwin menargetkan bantuan yang dibawa KRI dr Soeharso tiba tepat waktu dan segera membantu korban gempa.

"Estimasi kita, besok bisa segera sampai besok. Agar bisa langsung menuju ke pantai Lombok utara, yang menjadi lokasi gempa," jelasnya.
(fat/fat)

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Sudah dilihat 24 kali

Komentar