TIPS SINGKAT MENGATASI RASA PEDAS PADA MAKANAN

30809 medium post 39699 8dcc7474 b051 4e69 bf8e b460d4fb92ac 2018 08 20t15 02 56.883 07 00
“Tips Singkat Mengurangi Rasa Pedas pada Makanan”

Kebanyakan masyarakat Indonesia itu memang suka makanan pedas, termasuk saya. Rasanya kurang komplit jika tidak ada tambahan cabai dalam setiap masakan yang saya buat. Oleh karena itu, saya selalu menyediakan stok aneka cabai di kulkas, mulai dari cabai keriting hingga rawit. Tapi saking semangatnya saat memasak, saya pun menambahkan cabai yang terlalu banyak.

Alhasil bukannya nikmat, sajian jadi terlalu pedas menyiksa dan tak ada yang sanggup menghabiskannya. Saya biasanya akan cari akal untuk ‘menyulap’ dan mengurangi rasa pedasnya. Makanan pun tidak jadi mubazir dan bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Simak terus ya tipsnya ini.

1. Tambahkan lebih banyak bahan makanan

Ini adalah cara yang paling umum dan sering dipraktikkan. Untuk mengurangi rasa pedas pada masakan, anda bisa coba menambahkan bahan makanan lagi pada masakan tersebut. Penambahan bahan bisa membantu mengurangi tingkat kepedasan. Jenis bahan makanan yang diitambahkan bisa anda sesuaikan dengan jenis masakan. Misalnya anda membuat sup, maka tambahkan potongan sayur dan jumlah airnya

2. Tambahkan susu atau santan

Ternyata, tak hanya nikmat diminum dalam keadaan segar, produk susu dan olahannya seperti yogurt juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa pedas pada masakan. Menyesuaikan dengan jenis masakannya, anda juga bisa menambahkan santan. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menuangkan susu atau santan secukupnya pada masakan. Perhatikan besar api saat memasukkan bahan. Usahakan agar api jangan terlalu besar dan terus aduk-aduk ketika bahan masuk hingga mendidih. Hal ini dilakukan supaya susu atau santan tidak menggumpal (pecah).

3. Tambahkan gula

Selain sebagai pemberi rasa sedap pada masakan, penambahan gula dalam masakan juga bisa membantu mengurangi rasa pedas pada masakan. Anda bisa menggunakan gula merah atau gula pasir. Atau jika ingin lebih sehat, anda juga bisa menggunakan madu. Ambil sejumput gula di toples, lalu taburkan ke dalam masakan. Aduk sebentar sampai gula merata, lalu cicipi kembali masakan. Meski begitu, tambahkan gula secukupnya saja dan terus mencicipinya agar rasa masakan anda tidak berubah jadi dominan manis.

4. Sandingkan dengan makanan lain

Jika makanan anda sudah matang dan masih terasa terlalu pedas, cobalah untuk menyantapnya dengan sumber karbohidrat seperti nasi. Atau, anda juga bisa menggunakan aneka olahan tepung seperti pasta, makaroni, atau roti tergantung selera anda.

Nah, sangat mudah bukan tips di atas? Mulai sekarang, anda tak perlu panik lagi jika sewaktu-waktu makanan yang anda buat terlalu pedas, tinggal pilih saja salah satu metode di atas, dan masakan anda pun akan terselamatkan.

Sekian tips dari kami...
Semoga bermanfaat...😊😋😊
Sudah dilihat 11 kali

Komentar