Tips Redakan Stres di Kantor

54301 medium unsplash
Oleh : Nur Khansa Ranawati

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Menghadapi beban pekerjaan yang berat setiap hari dapat memicu kemunculan stres. Bila tak diatasi, stres berkepanjangan dapat merusak kesehatan mental Anda.

Meskipun kegiatan seperti yoga atau meditasi dapat membantu relaksasi, namun ada kalanya Anda memerlukan sarana istirahat yang singkat dan mudah untuk jeda sejenak dari kejenuhan bekerja di kantor.

Psikoterapis dan penulis buku 13 Mentally Strong People Don't Do, Amy Morin memiliki 5 tips sederhana untuk meredakan tensi stres yang dapat dilakukan tanpa beranjak dari meja kantor. Dilansir dari Forbes, Senin (18/3/2019), berikut kelima tips tersebut:

1. Relaksasi otot

Stres dapat menegangkan sejumlah otot pada tubuh Anda. Seiring berjalannya waktu, Anda mungkin telah terbiasa dengan otot yang tegang sehingga tidak lagi menyadari hal tersebut. Otot yang kerap sakit, seperti pada leher dan bahu, dapat berasal dari tegangan kronis. Relaksasi otot dapat melepaskan ketegangan tersebut.

Cobalah menegangkan dan mengendurkan otot Anda satu bagian dalam satu waktu. Mulailah dari kaki hingga ke leher. Lama kelamaan, bila terlatih melakukan hal ini, Anda akan menyadarinya saat otot Anda mulai mengencang.

2. 'Liburan mental'

Ketika Anda secara fisik tidak dapat pergi berlibur ke tempat yang menyenangkan, 'liburan mental' singkat dapat meredakan stress Anda. Visualisasikan salah satu adegan paling santai yang bisa Anda bayangkan; leyeh-leyeh di pantai, menghirup udara segar di puncak gunung, kursi favorit Anda di ruang tamu, atau tempat lain yang Anda suka.

Tutup mata Anda dan luangkan beberapa menit membayangkan Anda ada di sana. Libatkan sebanyak mungkin indera dengan memikirkan apa yang Anda lihat, dengar, cium, sentuh, dan cicipi sebagaimana Anda benar-benar menikmati adegan tersebut. Liburan mental yang cepat dapat menenangkan pikiran dan tubuh Anda.

3. Bernafas dalam-dalam

Pada umumnya, Anda tidak menyadari kebiasaan Anda bernafas karean hal tersebut sudah menjadi bagian otomatis dalam keseharian. Padahal, belajar lebih menyadari tarikan nafas Anda dan melakukan beberapa latihan pernapasan dalam dapat menghasilkan efek relaksasi alami.

Bernafas secara dalam dapat meningkatkan pasokan oksigen ke otak Anda dan membantu meningkatkan ketenangan. Selain itu, teknik pernapasan yang baik akan membantu Anda berfokus pada tubuh Anda, yang dapat menenangkan pikiran Anda. Cobalah mengambil beberapa napas dalam yang lambat dan dalam untuk meredakan stres dengan segera.

4. Libatkan Indera Anda

Bereksperimenlah dengan berbagai aktivitas yang melibatkan indera Anda. Gunakan lotion beraroma di tangan Anda, pijat diri sendiri, makan sepotong permen favorit Anda, atau coba meremas bola stres yang dapat ditemukan di pasaran. Dengan latihan, Anda akan belajar mengenali jenis aktivitas sensorik mana yang paling banyak meredakan stres Anda.

5. Tertawa

Tertawa dapat meredakan tensi, yang sekaligus juga meredakan beberapa gejala stres. Tertawa juga bisa meningkatkan pelepasan hormon endorfin oleh otak sehingga memunculkan rasa rileks.

Kelilingi diri Anda dengan hal-hal yang mengundang tawa. Simpan folder berisi kartun atau meme lucu yang Anda simpan dari internet. Bercandalah dengan rekan kerja Anda. Atau, belajar mentertawai diri sendiri kadangkala juga dapat menjadi pengingat untuk tidak terlalu mengambil pusing hal yang membuat Anda cemas.
Sudah dilihat 30 kali

Komentar