Tips Mudik Seru Ala Mahasiswa

1 June 2019, 09:01 WIB
4 0 57
Gambar untuk Tips Mudik Seru Ala Mahasiswa
Yeay,libur lebaran telah diujung mata, momentum ini menjadi keseruan tersendiri bagi mahasiswa rantau khususnya yang berkuliah di Universitas Tadulako. Belasan ribu mahasiswa rantau yang sudah antusias untuk mengunjungi kampung halaman mereka masing-masing. Sudah terbayang kampung halaman dan wajah orang tua yang setiap harinya menelpon dan menagih waktumu untuk segera bergegas berangkat mudik.
Sejatinya, libur lebaran bukan hanya moment untuk sekedar mengunjungi kampung halaman namun juga menjadi ajang sakral silaturahmi bagi sanak saudara yang jarang kita jumpai. Keinginan yang menggebu-gebu untuk segera berangkat mudik pun tak terhelakkan. Namun tidak jarang pula sebagian mahasiswa bingung apa yang harus dipersiapkan agar mudik alias pulang kampung menjadi semakin berkesan. Selain itu, perlengkapan apa saja yang harus dibawa saat pergi mudik!. Apakah kamu salah satu mahasiswa yang ingin mudik ? Nah, anakuntad.com akan merangkum beberapa tips agar mudik kamu jadi semakin berkesan :
1. Tidak Membawa Banyak Barang
Mahasiswa biasanya berpikir bahwa sudah terlalu lama mereka tidak pulang kampung, sehingga harus mempersiapkan barang jauh-jauh hari. Tapi bukan berarti barang tersebut harus dibawa dengan jumlah yang cukup banyak. Terlebih kamu yang memanfaatkan roda dua sebagai alat transportasi. Membawa banyak barang dapat menyusahkan kamu dalam perjalanan nanti, dan mengganggu kenyamanan kamu dalam berkendara. Begitupun jika kamu menggunakan transportasi lain, ada baiknya membawa barang secukupnya saja agar kamu tidak kerepotan saat membawanya ya.
2. Jaga Kondisi dan Membawa Obat-obatan
Mahasiswa sudah terlatih untuk hidup mandiri, terlebih bagi mereka yang tinggal disebuah kos atau kontrakan sendiri. Nah, perlu diperhatikan kesehatan dan stamina ketika ingin berangkat mudik. Jangan sampai kondisi tubuh kamu justru tidak prima sehingga menjadi kendala ketika mudik nanti. Selalu perhatikan jenis makanan dan mengonsumsi vitamin setelah berbuka dan sebelum sahur agar tubuh kamu selalu dalam keadaan Fit. Persiapkan juga obat-obatan didalam tas/backpack untuk berjaga-jaga jika nantinya kondisi kamu kurang membaik ditengah perjalanan.
3. Tidak Perlu Terburu-buru
Mudik memang menjadi sebuah agenda rutin yang harus terealisasikan bagi sebagian mahasiswa, namun bukan berarti kamu harus terburu-buru dan tidak mementingkan keselamatan kamu. Antusias boleh-boleh saja tapi perlu di ingat yang terpenting adalah kondisi dan keselamatan ya. Bagi mahasiswa yang menggunakan kendaraan bermotor haruslah tetap waspada dan jangan memaksakan diri ketika lelah dan rasa kantuk melanda. Berhentilah di pos mudik untuk beristirahat sejenak dan memulihkan kondisi tubuh kamu. Gunakan juga kaus tangan untuk memastikan agar tangan kamu tidak kebas saat berkendara.

4. Membawa Senjata Anti Bosan
Jika ada senjata anti galau tentu ada pula senjata anti bosan. Perjalanan yang cukup panjang dan memakan waktu bisa membuat kamu merasa bosan. Jika kamu mengendarai mobil travel atau bus, silahkan membawa buku atau earphone supaya tidak terjebak didalam rasa suntuk. Agar perjalanan mudik kamu semakin berkesan, abadikan pula momen menarik ketika dalam perjalanan sambil mendengarkan musik ala kamu. Tapi perlu diingat poin ini tidak berlaku bagi pengendara motor dan mobil pribadi. Pastikan kamu tetap waspada dalam berkendara demi menjaga keselamatan ya.
5. Oleh-oleh ?
Membawa oleh-oleh mungkin bisa menjadi pilihan kamu sebagai buah tangan ketika pulang kampung nanti. Tidak ada salahnya membawa beberapa makanan ringan atau kerajinan tangan. Tetapi perlu diperhatikan bahwa membawa oleh-oleh mungkin bisa saja membuat kamu kerepotan ketika meletakkan dibagasi mobil, terlebih bagi kamu yang membawa kendaraan bermotor, tentu tumpukan kardus serta kantung plastik nantinya akan mengganggu kamu dalam berkendara. Keselamatan tetap menjadi prioritas ya, ada baiknya kamu mempertimbangkan kembali untuk membawa oleh-oleh atau kamu juga bisa menitipkannya pada jasa pengantar barang, sehingga cukup memudahkan ketika berangkat mudik nanti.
Nah itu tadi merupakan tips-tips yang dapat membantu membuat mudik lebaran kamu menjadi semakin berkesan. Perlu di ingat yang dibutuhkan adalah kehadiran kamu bukan apa yang kamu bawa ya. Have a nice trip.
sumber : anakuntad.com

  Komentar untuk Tips Mudik Seru Ala Mahasiswa

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!