Tips Merawat Diri di Hari Jumat

67221 medium post 71611 3b16c641 3568 4fad 862e 026e385389e0 2019 07 19t11 14 30.481 07 00
Bagi Muslim, hari Jumat bukanlah hari biasa. Hari ini diyakini sebagai hari besar ketiga setelah Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha lantaran nilai keistimewaan dengan segudang manfaat dan pahala yang dimilikinya.

Di antara nilai keistimewaan tersebut adalah melakukan kegiatan bersih-bersih dan perawatan diri maupun lingkungan. Letak keistimewaannya ada pada sejumlah manfaat dan pahala yang diperoleh.

Terkait hal ini, Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Berikut ini tips merawat diri yang bisa dilakukan sebelum mengahadiri shalat Jumat:

1. Mandi disertai niat khusus mandi Jumat.

Mandi Jumat bertujuan untuk menghilangkan kotoran, daki dan bau yang melekat pada tubuh dengan membasahi seluruh anggota badan tanpa terkecuali. Akan lebih baik bila menggunakan sabun dan shampo. Lalu dilanjutkan dengan berwudhu.

2. Mengenakan pakaian terbaik yang dimiliki, terutama yang berwarna putih.

Pakaian berwarna putih adalah pakaian yang paling digemari Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam. Disamping dipercaya sebagai simbol kebersihan dan kesucian, pakaian ini pun sangat dianjurkan dikenakan saat menunaikan shalat.

3. Memakai parfum.

Menghadiri shalat Jumat rasanya kurang sempurna bila tidak mengenakan wewangian karena akan ada banyak orang yang hadir di sekitar kita. Dalam memilih parfum, baiknya dibedakan antara parfum pria dan wanita. Untuk kaum pria, dianjurkan menggunakan parfum dengan aroma kuat, sedangkan untuk kaum wanita, dianjurkan menggunakan parfum dengan aroma yang lembut.

4. Merapikan rambut dan bulu badan serta memotong kuku.

Cukurlah rambut agar lebih rapi, lalu rapikan bulu-bulu badan lainnya, seperti kumis dan jenggot, kemudian sempurnakan dengan memotong kuku kaki dan tangan. Saat memotong kuku, mulailah dari tangan kanan dari telunjuk berurutan sampai jari kelingking kemudian ditutup dengan ibu jari. Untuk tangan kiri, potong kuku mulai dari ibu jari hingga kelingking. Kuku jari kaki pun jangan sampai lupa tidak dipotong. Dimulai dari kuku jari kelingking kaki kanan terus berurutan sampai dengan kuku jari kelingking kaki kiri.

Nah, jika semua perawatan ini sudah dilakukan, Anda tinggal berangkat ke masjid lebih awal agar bisa memperoleh manfaat dan pahala yang lebih besar. Selain itu, Anda juga bisa mengisi waktu sebelum tibanya shalat Jumat dengan membaca Al Quran, berdzikir, dan berdoa.

Semoga ibadah Jumat yang dilakukan memiliki nilai manfaat lebih, memperoleh pahala berlipat, dan diterima Allah Subhanahu wa Ta'ala. Wallahu A'lam.


Sudah dilihat 179 kali

Komentar