TIPS MENGATASI TRAUMA AKIBAT GEMPA

32640 medium post 41335 e373d5c6 f08f 4ae5 b564 d50ce633f143 2018 09 12t11 59 07.743 08 00
Loteng, 12/09/2018,- Bencana Gempa bumi yang melanda wilayah Lombok dan sekitarnya tidak hanya merusak infrastruktur dan bangunan fisik namun juga menyisakan trauma yang cukup mendalam bagi masyarakat. Gempa bumi bisa menyebabkan kepanikan, kecemasan, bahkan berujung pada trauma mendalam jika guncangan yang terjadi amat besar.

Lantas, bagaimana cara mengatasi Trauma tersebut? Dilansir dari berbagai sumber ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kepanikan dan trauma karena gempa. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Berolahraga/latihan Fisik
Ada kabar gembira bagi Anda yang kerap rutin dan rajin melakukan olah raga dan latihan fisik. Pasalnya, ketika gempa, Anda harus mencari tempat yang aman untuk berlindung. Hal ini membutuhkan latihan fisik yang baik, agar saat terjadi guncangan, Anda tetap dapat menjaga keseimbangan tubuh. Selain itu berolahraga juga dapat menyegarkan fisik serta membuat pikiran terasa lebih segar.

2. Tidur dan Istirahat
Setelah merasakan gempa, kebanyakan orang masih merasakan guncangan. Padahal, gempa sudah tidak ada lagi. Cobalah untuk pergi tidur, atau Anda juga bisa untuk melakukan beberapa aktivitas jika Anda tidak kunjung dapat beristirahat.

3. Ceritakan Rasa Panik Anda
Tekanan gempa akan membuat Anda merasa panik. Sebaiknya, jangan pendam sendiri. Ceritakan pada rekan atau sanak keluarga Anda. Dengan begitu, kepanikan yang berpotensi membuat trauma karena gempa akan sedikit teratasi.

4. Jangan di Pikirkan
Lupakan apa yang baru saja Anda lalui. Jangan memikirkan kembali situasi yang membuat Anda tegang, dalam hal ini, yaitu gempa bumi yang baru saja Anda lalui. Lupakan hal tersebut dengan mencari kesibukan atau berkumpul bersama teman dan keluarga.

5. Beribadah dan Berbagi kepada sesama
Dengan Beribadah dapat melahirkan rasa tenang dalam pikiran dan mengurangi rasa panik atau trauma selain itu berbagi akan menimbulkan rasa empati yang membuat pikiran merasa lebih positif. *ASM
Sudah dilihat 47 kali

Komentar