Tips Lolos CPNS 2019 bagi yang Gagal CPNS pada 2018

48416 medium tips cpns 2018 cpns 2019
CPNS 2018 hampir mendekati pengumuman oleh masing-masing instansi. Ribuan peserta gugur, dan muncul nama-nama abdi negara yang dianggap layak mengisi formasi jabatan.

Proses penerimaan CPNS tahun 2018 agak berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya karena pemerintah terpaksa mengeluarkan aturan baru di tengah seleksi.

Aturan baru dikeluarkan lantaran banyaknya pelamar yang gugur di Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) karena kesulitan soal lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya.
Soal tes karakteristik pribadi (TKP) adalah salah satu jenis soal yang paling sulit ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

Peserta dengan nilai SKD tinggi pun banyak yang gugur akibat tak melewati batas passing grade yang ditetapkan pada tiap soal.

Tingkat kelulusan SKD amat kecil, terutama di daerah. Jumlah peserta yang lulus SKD di NTT dan Ambon, misalnya, hanya 8 orang. Oleh sebab itu, pemerintah tetapkan aturan baru sehingga ada 2 jenis pelamar CPNS 2018.

Pelamar P1/L atau yang lulus berdasarkan ketentuan aturan adalah jenis pertama. Sementara jenis kedua adalah pelamar P2/L, atau yang diluluskan berdasarkan ketentuan aturan tengah seleksi akibat banyaknya yang gagal di SKD.

Peserta yang namanya bertahan sampai pengumuman akhir hanya perlu melalui pemberkasan untuk memastikan bahwa mereka diterima menjadi CPNS, dan mulai bekerja. Sementara mereka yang gugur pada CPNS 2018 akan mulai melakukan strategi untuk bisa lulus di CPNS 2019.

Berikut sederet tips dan trik yang dapat dipakai pelamar CPNS 2018 agar bisa berhasil di tahun 2019:

1. Makan Habis Jatah Gagal Anda

Dahlan Iskan, Pendiri Jawa Pos, pernah menyampaikan kutipan yang bisa menjadi petunjuk para pelamar CPNS gagal.

“Setiap orang punya jatah gagal,” kata beliau. “Habiskan jatah gagalmu ketika masih muda.”

Dengan tidak pernah berhenti mencoba, maka saat kita sudah tidak muda lagi “jatah gagal” kita sudah habis. Artinya, kita sudah berhasil mencapai apa yang kita inginkan.

Banyak orang mempertanyakan kalimat bijak ini, “Bagaimana jika jatahnya justru saat kita tua?” Sebenarnya “jatah gagal” tersebut hanya kiasan. Dengan begitu banyaknya usaha yang kita lakukan, sangat mungkin kita akan berhasil jauh lebih besar. Sehingga ketika tua, kita sudah menjadi orang yang lebih berhasil berhasil.

Banyak orang menjadi sukses berkat kegagalan mereka di masa lalu. Dan mereka mengakui, jika di masa lalu mereka tidak merasakan gagal, mungkin mereka tidak menjadi seperti sekarang.

Rentang usia pelamar CPNS dibuat amat panjang, yakni 18 tahun sampai 35 tahun, bahkan sangat mungkin di tahun 2019 bisa di atas 35 tahun. Para pelamar CPNS 2018 yang berusia 20an tahun tak perlu khawatir. Cobalah terus melamar di tahun berikutnya.

Habiskan jatah gagal sampai habis, dan akan tiba saatnya kalian diterima menjadi CPNS.

2. Tentukan Instansi Sasaran di CPNS 2019

Meskipun ini baru Januari 2019, tak ada salahnya pelamar CPNS 2018 yang gagal mulai menetapkan instansi sasarannya di CPNS 2019. Dengan begitu, kalian bisa menilai pengumuman penerimaan CPNS 2018 di instansi-instansi tersebut.

Perhatikan rincian persyaratan CPNS 2018 di instansi yang kalian target pada CPNS 2019. Lalu lengkapi berkas-berkasnya. Contoh, jika instansi yang kalian masuki pada 2019 mengharuskan punya syarat Toefl di CPNS 2018, maka lengkapil ketentuan tersebut sejak sekarang.

Namun ada baiknya syarat tersebut baru kalian lengkapi di bulan Juni atau atau Juli 2019. Kenapa demikian, sebab pada CPNS 2018 masing-masing instansi memberi syarat Toefl berjarak 6 bulan sebelum pengumuman CPNS diluncurkan.

3. Cari informasi Grup Whatsapp Pelamar CPNS 2018 di Instansi yang Ditargetkan pada 2019

Selama CPNS 2018 berlangsung, pelamar banyak membuat grup whatsapp. Grup WA adalah sumber info paling sempurna untuk mengetahui bagaimana seleksi berlangsung.

Temukan grup itu dan bergabunglah. Metodenya dapat melalui pencarian komentar di instagram. Tulis direct message ke orang-orang di sana dan minta petunjuk pada mereka soal grup whatsapp.

Bagi yang mau melamar CPNS 2019 sebaiknya kalian cari grup CPNS 2018, kenapa begitu? Sebab para pelamar CPNS 2018 mempunyai informasi terbaru mengenai seleksi di instansi yang diincar. Info yang dapat diambil dari mereka misalnya tipe-tipe pertanyaan saat wawancara, jenis-jenis soal psikologi, dan lainnya.

4. Lamar Formasi Jabatan yang Sama dengan yang Dipilih pada CPNS 2018

Ini penting terutama bagi mereka yang melamar di CPNS 2018 dan gagal. Memilih lagi posisi jabatan yang kalian ambil di CPNS 2018 membuat kamu mengetahui jenis-jenis tesnya, dan mempunyai akses langsung ke pelamar yang berhasil di CPNS 2018.

Kalian pun nantinya dapat memiliki info lebih cepat dari mereka ketika CPNS 2019 dimulai.

5. Belajar dari Sekarang

Pelamar CPNS 2018 yang gagal sebaiknya mulai mengasah pengetahuan umum dari sekarang. Kumpulkan buku-buku soal CPNS terbaru, dan siapkan waktu setiap hari untuk belajar, atau setidaknya sepekan sekali.



Sudah dilihat 253 kali

Komentar