Tips Kreatif Cegah Boros Saat Ramadhan

25106 medium hikmah manfaat tujuan puasa ramadhan


Meski selama sebulan berpuasa, tidak makan dan minum dari subuh sampai maghrib, namun untuk urusan konsumsi bisa lebih banyak pengeluaran--terlebih saat jelang lebaran. Untuk itu, ada baiknya kita simak beberapa tips berikut utuk mencegah terjadinya pemborosan di bulan ramadhan:

1. Buat Anggaran Khusus Ramadhan

Selama bulan ramadhan buatlah rencana pengeluaran harian. Buat perkiraan jumlah uang yang akan dikeluarkan. Disiplin dalam menggunakan anggaran dengan cara menghindari belanja di luar rencana yang sudah buat. Jangan lupa juga untuk menyisihkan 10% dari anggaran harian untuk menabung.

2. Membeli Keperluan Lebaran Sedini Mungkin

Belanja keperluan lebaran sebaiknya dilakukan sebelum bulan ramadhan tiba. Biasanya toko-toko menyediakan promo diskon pada sejumlah barang. Harga barang sebelum ramadhan biasanya lebih murah jika dibandingkan harga pada saat ramadhan apalagi waktunya sudah mendekati hari 'H' Idul Fitri.

3. Kreatif Selama Ramadhan

Melaksanakan ibadah selama bulan puasa bukanlah alasan bagi kita untuk bermalas-malasan, berhenti melakukan kreatifitas terutama yang bisa menambah pundi-pundi keuangan kita. Sebagai contoh membuat parcel, jualan aneka kue lebaran, maupun jualan pakaian. Atau kreatifitas musiman lainnya yang bisa dilakukan selama bulan ramadhan.

4. Manfaatkan Promo Khusus dan Hindari Berhutang untuk Belanja Kebutuhan Lebaran

Jelang ramadhan sejumlah toko biasanya mengadakan promo diskon. Meski demikian lebih baik menghindari membeli barang kebutuhan lebaran dengan cara berhutang. Semoga bermanfaat. Ayo share beragam tips menarik lainnya di AtmaGo, warga bantu warga.

Sudah dilihat 85 kali

Komentar