Tips Jitu Persiapan Mancing Untuk Pemula Paling AMPUH!

19 June 2019, 10:41 WIB
4 1 101
Gambar untuk Tips Jitu Persiapan Mancing Untuk Pemula Paling AMPUH!
Memancing bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Mungkin selama ini anda sangat ingin mendapatkan pengalaman memancing yang anda dambakan selama bertahun-tahun atau anda ingin mencoba untuk pertama kali mendapatkan ikan ketika memancing.
Tips Jitu Persiapan Mancing Untuk Pemula Paling AMPUH!

Untuk para pemancing pemula jangan takut untuk memulai, berikut ini kami akan memberikan Tips Jitu Persiapan Mancing Untuk Pemula Paling AMPUH!
Persiapan Alat Memancing

Alat memancing harus dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan, bagaimanapun alat memancing harus saling cocok dengan ala lainnya, misalnya seperti joran dengan penggulung serta senar yang sama dikelasnya dan sesuai memenuhi kebutuhan.

Joran (Rod) dan Penggulung (Reel)

Hal yang vital untuk pemancing pemula merupakan benda tersebut terutama reel. Karena memilih reel merupakan titik fokus utama dalam system drag line. Singkatnya pastikan penggulung tidak ada masalah seperti macet yang bisa mengakibatkan hentakan ikan yang menyebabkan putusnya benang senar pancing.

Untuk pemancing pemula pastikan untuk memilih reel gear ratio dan system dragnya serta pilih tipe reel spining. Untuk fisher pemula penggunaan reel ini sangat sederhana dan mudah digunakan, anda hanya perlu melempar umpan lalu ulur dengan jari telunjuk. Apabila terjadi strike, langsung saja gulung senar menggunakan reel spinning nya dengan ibu jari.

Untuk joran yang perlu diperhatikan yaitu bagaimana anda memilih ikan target ikannya, ikan apa yang anda incar ataupun dimana anda akan memancing, karena joran mempunyai karakter yang berbeda untuk setiap ikannya.

Contoh kecil, joran yang panjang bisa melempar umpan lebih jauh daripada yang pendek, akan tetapi joran pendek lebih disarankan untuk ikan yang berukuran besar.

Benang Senar (Line)

Salah satu bagian yang paling penting lainnya dalam memancing adalah benang senar atau kenur. Sangat mustahil apabila memancing tanpa benang senar. Berikut ini tips dalam memilih senar:

Menyesuiakan dengan kebutuhan
Apabila peralatan memancing seperti joran, penggulung dan hook tidak cocok dengan karakteristik atau ukuran senar itu sendiri maka yang akan dirasakan seperti tidak nyaman ketika melempar umpan, tidak maksimal serta bisa mengakibatkan senar keluar dari spool dengan sendirinya.

Bahan dasar atau material senar
Bahan yang paling umum digunakan yaitu nilon, serabutan benang, fluorocarbon hingga serat-serat yang digabung dan diberi coating agar lapisan lebih licin dan halus. Apabila targetnya ikan kecil atau sedang dengan teknik dasar maka gunakan bahan nilon.

Mata Kail atau Hook

Memilih mata kail harus disertai dengan pemahaman yang cukup terkait karakteristik ikan yang anda targetkan, beberapa sifat ikan dalam memberikan strike akan sangat berbeda. Ada dengan cara mecuit, menyambar, meroteh hingga menghisap umpan dan cara lainnya.
Persiapan Pendukung Dalam Memancing

Persiapan pendukung ini berupa beberapa peralatan dan pakaian yang mendukung di lapangan saat anda memancing.

Persiapkan Umpan

Umpan merupakan point yang sangat penting dalam mendapatkan strike ikan, secara sederhana umpan dibagi menjadi 2 yaitu umpan mati dan umpan hidup. Kegunaanya berbeda tergantung dengan tempat dan target ikan.

Umpan Hidup
Merupakan umpan yang paling umum, murah dan sederahana walaupun begitu umpan hidup sangat efektif untuk memancing di air tawar. Umpan hidup bisa berupa cacing, lumut atau racikan sendiri.

Umpan Mati atau Tiruan
Umpan mati atau tiruan sangat digemari oleh pemancing pasif atau mereka yang sudah ahli dalam karakteristik ikan dan teknik yang cocok dengan umpan mati atau tiruan tersebut.

Itulah beberapa Tips Jitu Persiapan Mancing Untuk Pemula Paling AMPUH! yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat, selamat mencoba SALAM STRIKE!

Rekomendasi Essen Oplosan Untuk Mancing Berbagai Jenis Ikan Paling AMPUH!

  1 Komentar untuk Tips Jitu Persiapan Mancing Untuk Pemula Paling AMPUH!

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar