Tips hadapi musim penghujan

37928 medium rumah hujan
Belakangan ini hujan sudah sering banget hadir beberapa kali dalam 1 minggu, jelas ini sudah masuk ke musim penghujan. Berhubung masih di musimnya, nggak salah yah kalau saya kasih sedikit tips di musim hujan ini. Langsung aja saya jelaskan;
1. Perbaiki atap
Nah.. Ini yang harus awalnya kamu cek dan lakukan pembenahan, sebelum hujan, usahakan untuk membetulkan dulu yah atap yang bocor.
2. Hindari alat elektronik dengan air
Kebanyakan alat elektronik rentan banget sama air, maka itu nggak ada salahnya kita hindari alat-alat ini dari air, misalkan meletakannya di bagian paling tinggi permukaannya di rumah, jika rumah sering tergenang air (banjir), plus jangan di taruh yang di trnpat yang bocor. Kalaupun harus, bisa membungkusnya dengan kantung palstik atau alat lainnya yang bisa melindungi dari air.
3. Siapkan senter
Jika sudah banjir, umumnya listri akan di padamkan agar tidak terjadi konsleting listrik, nah.. Kalau sudah padam kan enggak enak banget tuh, apalagi jika padamnya listrik di malam hari, maka itu untuk mendapati ketidaknyamanan tersebut, siapkan lampu senter yang bisa di gunakan dan bisa di cass ulang dayanya. Di pasaran bahkan onlain shop banyak banget jenis senter ini, dengan beragam jenis serta ukurannya. Tinggal di pilih deh yang sesuai keinginan.
4. Simpan dokumen berharga
Nah.. Yang ini kadang banyak yang lalai, dokumen yang tersimpan dalam lembaran kertas, baiknya jangan sampai terendam banjir, maka itu boleh dimasukan ke dalam plastik sebelum di taruh di tempat-tempat yang aman dan terlindungi dari air.
5. Selamatkan kendaraan
Nah.. Ini juga nggak kalah penting, alangkah lebih baiknya jika rumah sering terendam banjir, sebaiknya kendaraan bisa di titipkan ke rumah sanak-saudara yang terbebas dari banjir, sebab dalam hal ini, bukan hanya karena takut direndam air, faktanya air hujan bisa membuat korosi (karat) pada besi, kalau sudah karat kan nggak enak diliat, sekaligus manfaatnya bisa tidak normal. Kalaupun harus, bisa di titip ditempat parkiran.
Sudah dilihat 36 kali

Komentar