Tips hadapi musim penghujan bagi pengemudi

37520 medium screenshot 20181029 034426
Nah kan... Kemarin di daerah mimin hujan deres gengs, dan sudah nenerapa kali terjadi, dari situ mimin sudah mengerti jika saat ini daerah mimin sudah mendapatkan musim yang pasti bikin warga betaaaaah banget dirumah, apa hayoo!!, yupz, bener banget 'musim hujan'. Naah... Untuk kalian pengendara sepeda motor yang aktif banget di jalan dengan sepeda motornya dan gak peduliin musim hujan, mimin kasih sedikit tips nih, mudah-mudahan bermanfaat dan berguna banget. Jadi, yang perlu kalian lakukan saat musim hujan ini;
1. Jaga kondisi kesehatan tubuh
Nah.. Ini sudah harus, kudu, wajib banget kalian peroleh di musim ini, usahakan sebelum bertempur dengan hujan, walaupun bukan di bulan juni macam novelnya mbak yang disanah itu..😅😅,perut kalian sudah keisi makanan pokok, nasi misalnya. Banyak desas-desus yang sering banget mimin denger dari gejala angin duduk, perut dalam keadaan kosong (belum makan),mimin gangerti banget nih sama penyakit macam ini, cuma yang jelas ini bahaya banget, bisa membunuh juga loh, ngeri kan..
2. Persiapkan kondisi sepeda motor
Ini juga gakalah penting, motor kalian pasti kepengeeeeen banget dimanja di musim ini. Mimin kasih tau apa aja yg perlu dapet perlakuan khusus di kendaraan kalian, antaranya;
a. tutup busi, orang bilang cangklong, herus banget yang nggak ngeresap air, kondisinya masih klop banget dan pastikan juga kuningan tembaga kabel koil benar-benar digigit banget sama cangklong, kalau cangklongnya sudah longgar,melar atau robek, sebaiknya ganti yang baru, setau mimin harganya gasampe 50 ribu.
b. Filter udara,ini yang perlu kalian cek yah, walau memang tidak semua kendaraan bermasalah banget dengan benda ini, tapi paling nggak napas kendaran si mesin plong.
c. Jalur karburator, mimin lupa nama selang hitam yang menghubungkan filter ke karburator, cuma mimin bisikin aja nih, benda itu usahakan yidak kendor gigit karburator, soalnya kalau kendor mimin pastiin air bakal masuk ke celah-celah yang nantinya bakal diajak masuk ke karburator, ujung-ujunya bakalan ngambek
d. Karburator, nah...yang ini nih, mimin saranin sebelum tempur banjir, di servis dulu yah motornya dan utamain si karburator dapet perlakuan khusus, kalau injeksi butuh juga di cek yah..
e. Kelistrikan sepeda motor, yang ini mimin saranin kalau ada lampu yang putus, sebaiknya langsung ganti yang baru, apalagi jika yang putus lampu depan (lampu utama), jangan di biarkan aja, nanti jika si air ngerembes, bisa kelar kelistrikanya (korslet), kalau korslet apalagi sikring diganti dengan kabel (di langsungkan tanpa sikring) kalau dipaksa kemungkinan aki motor soak, bahayanya lagi si motor bisa aja ngeluarin Asep lantaran korslet.
f. Rajin bersihin jari-jari velek, ini buat kalian yang masih menggunakan velek jari-jari, jangan sampe lupa yah, habis tempur banjir, sebisanya langsung di cuci motornya, kalaupun sebagian dan malas, usahain velek dan jari-jari saja, ini lantaran jari-jari dan velek yang masih gampaang banget kena karat akibat air hujan, gamau kan jari-jarinya bulukan.
g. Rumah Vanbelt, yang ini buat pengguna motor matic, kalau habis tempur banjir, apalagi sampe kerendem, usahain cek kondisi daleman rumah Vanbelt yah, cek rumah loler, vanbel sekalian dengan kampas ganda.
3. Mantel hujan
Nah.. Ini yang paling penting, jangan sampe lupa bawa pakaian ini yah, dan usahain stand bay di bagasi motor jika mau berangkat, tapi kalau sudah hujan, dipake mantelnya. 😄😄😅
Oke... Sekian yah mimin bagi kisi-kisi apa aja yang di persiapkan pas musim hujan ini, semoga bermanfaat..
#siapbanjir #lawanbanjir
Sudah dilihat 40 kali

Komentar