Tips Atasi Saluran Air Di Rumah Saat Tersumbat

27409 medium copy of cleaning service   made with postermywall %281%29
Kotoran dan sisa makanan dapat membuat saluran air di rumah Anda tersumbat. Saat hal ini terjadi, banyak kerugian yang akan Anda hadapi, salah satunya banjir di dalam rumah.

Dilansir dari laman antimampet.com seperti, inilah beberapa cara mengatasinya.

Saluran air

Untuk mengatasi saluran air yang mampat, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat. Antara lain bubuk soda kue, cuka, dan air mendidih. Caranya, tuang satu cangkir bubuk soda kue ke dalam lubang saluran pipa yang mampat.

Selanjutnya siramkan dua cangkir air mendidih untuk mendorong bubuk soda kue agar benar-benar mencapai pusat sumbatan. Diamkan beberapa menit. Terakhir, tuang kembali dua cangkir bubuk soda kue disusul dengan dua cangkir cuka.

Jika sudah, tutup lubang pembuangan yang tersumbat. Biasanya akan timbul buih disertai dengan suara gemuruh dari dalam lubang pipa yang tersumbat. Tidak perlu khawatir karena ini reaksi yang wajar.

Tunggulah hingga buih hilang dengan sendirinya, lalu siramkan kembali dua cangkir air panas untuk menuntaskan proses membersihkan saluran air yang mampat.

Wastafel

Jika wastafel mampat, buat adonan dari satu sendok makan soda kue dan satu cangkir cuka. Tuang adonan ke dalam wastafel.

Sisa-sisa makanan yang menyumbat wastafel pun akan hancur. Cara kedua, masukkan garam dan bikarbonat soda ke dalam mulut saluran wastafel, kemudian siram dengan air mendidih.

Toilet

Jika toilet mampat, ambil satu kilogram garam dapur yang dilarutkan ke dalam satu ember air. Tuangkan larutan ke dalam toilet, dan jangan gunakan dulu selama lima jam. Setelah lima jam, siram air sebanyak-banyaknya ke toilet dengan hentakan kuat, dan toilet pun akan kembali lancar.

Untuk sumbatan akibat tisu atau kertas, Anda bisa menuang sabun cuci piring cair ke dalam toilet, lalu beri air panas.

Diamkan selama beberapa menit sebelum menyiramnya seperti biasa. Sabun akan membantu melonggarkan salurannya dan mendorong sumbatannya melewati bagian pipa yang berkelok pada saat toilet disiram.

Shower

Shower yang tersumbat dapat terjadi karena sumbatan zat besi yang terkandung dalam air atau lumut yang berasal dari saluran pipa atau bak penampungan.

Cara pertama yang paling sederhana untuk memperbaikinya, sikat ujung atau bagian nosel (lubang-lubang air), sambil dipijat dengan ujung jari. Tetapi, cara ini belum tentu berhasil jika kerak mengandung kaporit dan melekat kuat pada nosel.

Agar lebih optimal, rebus kepala shower dari logam dengan larutan satu liter air dan satu cangkir cuka selama 15 menit. Untuk kepala shower dari plastik, cukup direndam dalam air panas dan cuka dengan perbandingan yang sama.

Keran air

Jika keran air mampat, buka kepala keran kemudian rendam filter keran di dalam cairan cuka selama setengah hari. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih, lalu pasang kembali.

Anugrah Jaya - Jasa Perbaikan Saluran Tersumbat - Anti Mampet
Jln Taman Malaka Selatan Blok B3 No 7-1 Pondok Kelapa Jaktim 13460
Kontak: 0813 2833 6819 atau 08787 757 9334

https://www.antimampet.com/2018/05/tips-atasi-saluran-air-di-rumah-saat-tersumbat.html
Sudah dilihat 45 kali

Komentar