Tips agar Tetap Sehat dan Nyaman dalam Perjalanan Jauh

16 December 2015, 6:04
109 1 89
1. Air Mineral
Selalu siapkan botol air mineral dan minumlah sesering mungkin saat dalam perjalanan. Para pakar kesehatan juga menyarankan untuk memperbanyak konsumsi air mineral minimal 2 hari sebelum melakukan perjalanan jauh.

2. Minum Jahe Hangat
Minum jahe hangat. Jika tidak ada minuman jahe hangat, anda dapat menggunakan obat dengan kandungan jahe seperti obat untuk mencegah masuk angin. Kandungan jahe dalam produk ini sangat baik untuk lambung dan mengurangi iritasi pada dinding usus. Mabuk perjalanan berhubungan erat dengan lambung, bukan karena pusing.

3. Minumlah Kopi.
Walaupun nanti kopi dapat membuat anda kehausan, setidaknya anda sudah mempersiapkan air mineral. Kopi juga akan mencegah rasa letih yang berlebihan saat anda tiba di tujuan. Anda dapat meminum secangkir kopi sebelum berangkat dan saat di tengah perjalanan. Peneliti telah membuktikan bahwa meminum 2 cangkir kopi dalam sehari sebenarnya cukup baik bagi tubuh.

4. Banyak Bergerak
Saat menunggu keberangkatan, usahakan untuk berjalan santai dan banyak bergerak di sekitar tempat tunggu. Hal ini akan membantu melemaskan otot. Jika anda menggunakan kereta api, anda dapat melakukan ini saat dalam perjalanan.

5. Makanan Ringan.
Makanan ringan atau cemilan sangat membantu untuk menjaga pencernaan tetap bekerja dan lambung tidak kosong. Seperti pada tips nomor 2. Mabuk perjalanan lebih disebabkan karena gangguan pencernaan. Usahakan agar perut tidak kosong untuk mencegah mabuk perjalanan.

5. Pemilihan Tempat Duduk
Jika bepergian dengan kendaraan umum seperti bis, kereta api atau pesawat terbang,usahakan untuk duduk pada sisi lorong (jangan dekat jendela) agar anda dapat mudah merenggangkan badan setiap saat.

6. Bawalah Obat Tetes Mata.
Perjalanan jauh, baik dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi, apalagi dengan sepeda motor dapat membuat mata kering. Teteskan obat ini saat mata terasa tidak nyaman. Hindari penggunaan softlens saat karena saat mata kering, softlens akan terasa sangat tidak nyaman.

7. Berhenti Setiap 2 Jam
Jika menggunakan kendaraan pribadi, usahakan untuk berhenti sebentar setiap 2 jam. Keluarlah dari kendaraan, dan renggangkan badan. Hal ini juga sangat disaranakan jika anda membawa bayi dalam perjalanan.

8. Jaga Kebersihan Tangan
Jika perjalanan anda menggunakan kendaraan umum, gunakan fasilitas toilet untuk sering mencuci tangan. Jika menggunakan kendaraan pribadi, belilah produk hand sanitizer yang banyak tersedia di toko dan mini market. Kadang secara tidak sadar anda dapat mengusap tangan ke mulut, hidung atau mata. Ketiganya merupakan jalan masuk bagi penyakit.

9. Jangan Minum Alkohol
Sangat tidak disarankan untuk minum alkohol sebelum berangkat. Alkohol justru dapat membuat perjalanan menjadi tidak nyaman, dan rasa letih yang berlebih saat tiba di tempat tujuan.

10. Istirahat yang Cukup
Usahakan untuk tidur minimal 6 jam sebelum berangkat. Bahkan juga sangat disarankan untuk tidur minimal 6 jam setelah sampai ditujuan. Jika memungkinkan bangunlah di pagi hari. Sinar matahari pagi akan sangat membantu menghilangkan rasa letih perjalanan.

Demikian tips dan trik sederhana yang dapat dilakukan sebelum, saat dan sesudah melakukan perjalanan jauh. Kami harapkan dengan hal-hal sederhana ini kita semua dapat menikmati perjalanan jauh dengan nyaman dan tidak letih saat sampai di tujuan.

Semoga Tips di atas ini bermanfaat bagi kita bersama.

  1 Komentar untuk Tips agar Tetap Sehat dan Nyaman dalam Perjalanan Jauh

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Warga AtmaGo

Terima kasih sudah berbagi tips yang sangat bermanfaat ini