Tip Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

26698 medium tip aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran
Pihak Polsek Cipondoh, Tangerang mengimbau agar warga selalu waspada terhadap potensi tindak kejahatan di lingkungan rumah mereka apalagi sekarang memasuki musim mudik dimana banyak rumah yang ditinggal kosong oleh pemiliknya.

Berikut beberapa tip aman meninggalkan rumah saat mudik:

1. Laporkan kepada ketua RT, satpam, dan tetangga terdekat
Sebelum mudik, beritahu ketua RT atau RW dan satpam sekitar lingkungan rumah Anda. Selain itu, tetangga terdekat juga perlu tahu bahwa Anda akan meninggalkan rumah selama beberapa hari.


2. Cabut aliran gas dan listrik yang tidak perlu
Sebelum meninggalkan rumah, jangan lupa untuk melepas regulator tabung gas, karena meski tidak dipakai, gas akan tetap mengalir ke selang yang terpasang. Matikan juga semua aliran listrik yang tidak diperlukan, misalnya televisi, AC, kipas angin, komputer, dan lain sebagainya.

3. Simpan barang berharga
Simpan barang-barang yang berharga di tempat yang sulit dijangkau atau tempat yang tidak menjadi tempat penyimpanan benda berharga yang semestinya.

4. Pastikan semua pintu, jendela, dan pagar tertutup rapat dan terkunci
Pastikan juga mengunci segala akses masuk serta keluar rumah Anda. Untuk menambah keamanan rumah, Anda dapat menggunakan gembok yang dapat berbunyi, misalnya gembok alarm anti maling.

5. Jika perlu, pasang CCTV yang dapat dipantau melalui internet
Anda juga bisa memasang Closed Circuit Television (CCTV) di beberapa sudut rumah. Ini akan memudahkan dalam memantau rumah melalui smartphone saat Anda berada di kampung.

Komentar