Tip Aman Berkendara Saat Banjir

51950 medium tip aman berkendara saat banjir
Yang namanya bencana memang sulit untuk diprediksi, banjir dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Yang bahaya adalah ketika banjir merendam jalanan disaat kita sedang berkendara.

Saat berkendara, terlebih lagi saat mengendarai sepeda motor, sebaiknya kita mengambil langkah-langkah aman berikut agar terhindar dari kecelakaan:

1. Saat melihat adanya banjir di hadapan kamu, usahakan untuk berhenti dan menepi, jika memungkinkan segera putar balik atau cari jalan alternatif.

2. Jika tidak memungkinkan untuk menepi, jangan sampai nekat untuk menerobos banjir sambil mengendarai motor. Genangan air membuat lubang di jalanan tidak kelihatan sehingga banyak sekali pengendara motor yang terperosok ke dalam lubang atau selokan. Langkah terbaik adalah turun dan tuntunlah motormu.

3. Saat menerobos genangan banjir jangan sesekali melakukannya dalam kecepatan tinggi karena bahaya terjadinya aquaplaning atau waterplaning. Aquaplaning adalah kondisi dimana ban kehilangan traksi karena ban terangkat oleh genangan air dan kamu akan susah mengendalikan motor kamu.

4. Selalu jaga jarak aman dengan kendaraan di depanmu. Hal ini untuk menghindari tabrakan saat kendaraan di depanmu berhenti mendadak.

5. Meskipun di siang hari, nyalakanlah lampu depan agar kamu dapat terlihat jelas oleh pengendara lainnya.

Semoga tip singkat ini bisa bermanfaat!

Sumber foto: Flckr - CC0 Non Commercial Attribution
Sudah dilihat 55 kali

Komentar