Tingkatkan Kedisiplinan, MPLS di Kota Serang Tidak Libatkan Kaka Kelas

66802 medium img 20190712 wa0029
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau biasa dikenal sebagai Masa Orientasi Peserta Didik Baru segera dimulai pada hari Senin 15 Juli 2019. Para siswa baru yang hendak untuk sekolah di setiap SMA SMK di Kota Serang, mulai dikumpulkan untuk diberikan pembinaan dan pengarahan.

Tetapi, MPLS pada tahun 2019 berbeda dengan tahun sebelum-sebelumnnya. Karena kaka kelas tidak terlalu dilibatkan untuk memberikan pengarahan maupun pembinaan.

"Kita sebagai Panitia Osis hanya melaksanakan tugas yang diberikan oleh Panitia Guru. Makanya MPLS tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnnya, karena kami (Kaka Kelas, Red) tidak terlalu dilibatkan. Hanya sebagai pelaksana lapangan, dan tak memberikan pengarahan maupun pembinaan," ungkap Ketua Osis, SMKN 1 Kota Serang, Muhammad Rizal.

Muhammad Rizal juga menjelaskan, MPLS di 2019 bakal ada keseruan seperti hiburan siswa di hari akhir. Mulai dari Promosi Organisasi hingga Ekstrakurikuler (Eskul). "Bakal ada stand dari berbagai Organisasi maupun Eskul. Jadi kita ingin, para murid baru bisa bergembira bersekolah, dengan mengikuti berbagai Eskul dan Organisas. Sehingga sekolah tidak menjadi jenuh," katanya.

Sisi lainya, Guru Kesiswaan, Isma Susilawati menambahkan, dalam MPLS di 2019, menginginkan kedisiplinan para siswa baru. Maka itu, akan menerapkan 6 unsur kedisplinan. Yaitu, wawasan wiramandala, pramuka, kesadaraan Bangsa serta Negara, pembinaan mental, penerapan kurikulum dan tata krama belaja efektif.

"Bahkan kita juga akan melibatkan BNN untuk memberikan sosialisasi bahaya Narkoba," jelasnya.

Sedangkan untuk bimbingan mental, masih kata Isma, akan dilakukan langsung para guru SMKN 1 Kota Serang. "Kita ingin memberikan pemahaman secara langsung kepada murid-murid baru. Supaya mereka memiliki semangat dan motivasi untuk terus belajar dalam mendapatkan ilmu," pungkasnya.

Seperti diketahui, untuk siswa baru yang akan mengikuti MPLS di SMKN 1 Kota Serang sebanyak 720 siswa. Dengan wajib menghadirinya.
Sudah dilihat 23 kali

Komentar