Tidur Pagi Bisa Sebabkan Gangguan Medis

Header illustration
Tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Kebutuhan waktu tidur seseorang ini bisa berbeda tergantung pada usia, gaya hidup, dan kondisi kesehatannya. Walau demikian, rata-rata orang dewasa memerlukan tidur antara tujuh hingga sembilan jam setiap harinya.

Tanda bahwa pola tidur sudah benar adalah tubuh mulai mengantuk dan dapat tertidur dalam waktu 15-20 menit setelah berbaring di tempat tidur dan terbangun dengan perasaan segar dan bertenaga.

7 Bahaya Tidur Pagi bagi Kesehatan
Tidur di pagi hari karena semalaman begadang sudah pasti membuat waktu tidur berkurang. Hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh Anda. Berikut beberapa bahaya tidur pagi bagi tubuh:

1. Diabetes;
2. Obesitas;
3. Penyakit jantung dan pembuluh darah;
4. Mudah lupa;
5. Sulit berpikir dan berkonsentrasi;
6. Mood mudah berubah;
7. Peningkatan risiko kanker.

Agar bahaya tidur pagi akibat kurang tidur tidak dialami, usahakan tidur di waktu yang sama setiap hari, batasi konsumsi kafein, rajin olahraga, serta matikan lampu kamar, gawai, dan barang elektronik lainnya saat sudah berbaring di tempat tidur. Bila kurang tidur sampai mengganggu kegiatan sehari-hari Anda, sebaiknya periksakan kondisi tersebut ke dokter agar dapat diberikan pengobatan sebelum menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Sumber: alodokter.com
Sudah dilihat 22 kali

Komentar