terpentok payung hukum, anggaran untuk sekolah gratis di Bekasi belum terealisasi

5 April 2019, 9:41
1 0 79
Gambar untuk terpentok payung hukum, anggaran untuk sekolah gratis di Bekasi belum terealisasi
Rencana untuk menggratiskan pelajar SMA dan SMK di Kota Bekasi terkendala payung hukum terkait penggunaan anggaran tersebut. Padahal Pemerintah Kota Bekasi menganggarkan sekitar Rp60 miliar untuk menyubsidi anggaran pendidikan siswa tingkat SMA dan SMK di wilayahnya.
"Kami sudah sediakan sekitar Rp60 miliar agar pendidikan untuk tingkat SMA/SMK di Kota Bekasi bisa gratis," ungkap Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, kemarin (4/4)
Pak Rahmat Effendi menuturkan sejak pengurusan SMA dan SMK diambil alih Provinsi Jawa Barat, biaya pendidikan siswa tingkat itu semakin tinggi. Padahal sebelumnya gratis.
"Nanti dari Jawa Barat berapa? Sekarang kan ada SMA reguler bayar Rp300 ribu, dari pusat sudah dapat subsidi Rp100 ribu, berarti sudah tinggal Rp200 ribu lagi. Nanti bisa saja Pak Gubernur Rp100 ribu dan Pemkot Bekasi Rp100 ribu sehingga pendidikan gratis," jelas Rahmat.
Kendati belum bisa gunakan dana tersebut, dirinya masih berkordinasi baik dengan Gubernur Jawa Barat.
"Kita masih terus berkoordinasi dengan Pak Gubernur Jawa Barat (Ridwan Kamil), semoga secepatnya,"ucapnya
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 jelaskan tentang Pemerintah Daerah mengatur pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota, wewenang kepengurusan sekolah SMA dan SMK negeri di kabupaten/kota diserahkan kepada pemerintah provinsi.
Sebelum komite sekolah mematok biaya sumbangan pendidikan sebesar Rp. 150-250 ribu di tahun 2017, siswa yang duduk di jenjang SMA dan SMK negeri di Kota Bekasi tidak pernah dipungut biaya.
Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah, meminta agar orangtua murid SMA/SMK sederajat untuk bersabar Pihaknya tak bisa berbuat banyak lantaran kewenangan tanggung jawab sekolah berada di bawah Provinsi Jawa Barat.
"Ya, saya berharap orangtua siswa bisa memahami kondisi yang ada sekarang. Semoga upaya pemkot membantu operasional sekolah tahun ini bisa berjalan," kata Inay.
sumber: MediaIndonesia.com
(Tanpa Payung Hukum, Subsidi SMA Bekasi Dihapus)

  Komentar untuk terpentok payung hukum, anggaran untuk sekolah gratis di Bekasi belum terealisasi

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!