Terminal Arjosari Terancam Mangkrak

16 June 2016, 07:58 WIB
22 2 224
Gambar untuk Terminal Arjosari Terancam Mangkrak
Ini adalah laporan dari warga di wilayah kejadian. Harap berhati-hati dan selalu waspada. Jika butuh bantuan, hubungi 
Proses pembangunan Terminal Arjosari Malang terancam terhambat, Ngalamers. Pasalnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan bahwa pendanaan untuk pembangunan terminal telah selesai tahun lalu. Namun kenyataannya masih banyak bagian yang belum selesai.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Handi Priyanto, pembangunan Terminal Arjosari dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) memang sudah dinyatakan tuntas. Hal ini diketahui melalui Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kemenhub yang menganggarkan dana Rp. 36 miliar untuk renovasi Terminal Arjosari.

"Masih banyak item pembangunan yang belum rampung, tapi kok dinyatakan sudah selesai. Saya kaget, kok dianggap sudah selesai. Kondisi ini berbalik dengan kenyataan di lapangan," kata Handi.

Pihaknya sebenarnya sudah mengajukan rencana pembangunan lanjutan pada APBN tahun berikutnya. Namun hasilnya tidak memuaskan karena belum ada solusi kelanjutan pembangunan Terminal Arjosari lagi.

Beberapa bagian terminal pun pembangunannya belum sesuai dengan master plan awal. Misalnya saja shelter untuk penumpang serta toilet yang masih belum layak pakai.

"Sekitar tiga pekan lalu, perwakilan Kemenhub sudah menggelar inspeksi mendadak di Terminal Arjosari untuk memantau perkembangan pembangunan. Dalam pertemuan itu, kami juga menanyakan tentang kelanjutan pembangunan. Jawaban yang kami terima, proses penganggaran dan pembangunan masih dalam proses pemeriksaan pihak internal Kemenhub," sambungnya.

Menanggapi hal ini, Pemkot Malang akan menyerahkan Terminal Arjosari kepada pemerintah pusat dalam kondisi apa adanya. Proses serah terima rencananya akan dilaksanakan pada 2 Oktober mendatang. Pemkot Malang juga tidak akan menganggarkan dana untuk melanjutkan pembangunan terminal tersebut. Kepastian apakah pemerintah pusat akan melanjutkan pembangunan terminal juga belum diketahui.
Sumber: Republika

  2 Komentar untuk Terminal Arjosari Terancam Mangkrak

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar