Terasa Hingga Bali, Gempa Bumi Malang Jadi yang Kelima dalam Dua Hari!

19 February 2019, 09:11 WIB
2 0 94
Gambar untuk Terasa Hingga Bali, Gempa Bumi Malang Jadi yang Kelima dalam Dua Hari!
Dini hari tadi, Selasa (19/2/2019) pukul 02.30 WIB, terjadi gempa bumi berkekuatan 5.9 SR yang mengguncang Kabupaten Malang dan sekitarnya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat bahwa gempa ini berasal dari kedalaman 10 km yang pusatnya terletak pada 159 km tenggara Kabupaten Malang.

Dampak gempa ini dirasakan hingga beberapa tempat. BMKG mencatat daerah-daerah yang juga merasakannya seperti Lumajang, Karangkates, Blitar, Sawahan, Malang, hingga Kuta dan Nusa Dua di Bali. Meski terasa cukup kencang, namun guncangan ini tak berpotensi tsunami.

Gempa bumi di Kabupaten Malang menjadi yang gempa kelima yang mengguncang Indonesia dalam dua hari terakhir. Sebelum gempa 5.9 SR itu, BMKG mencatat ada empat gempa yang mengguncang belahan timur Indonesia.

Gempa pertama terjadi di Kolaka, Sulawesi Tenggara, yang berkekuatan 4.6 SR pada Senin (18/2/2019) pukul 05.40. Pusat gempa diketahui berasal dari laut 29,1 km barat daya Kolaka kedalaman 10 km. Selang beberapa jam kemudian, terjadi gempa berkekuatan 4.7 SR dari laut 126 km tenggara Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara, dengan kedalaman 4 km.

Tak berapa lama, terjadi gempa serupa di Mamasa, Sulawesi Barat, berkekuatan 4 SR. Pusat gempa berada di darat 6 km timur laut Mamasa dengan kedalaman 8 km. Dan gempa terbesar hari itu terjadi di Halmahera Selatan dengan kekuatan 5.2 SR di laut 84 km barat laut Halmahera Selatan.

Gempa di Kabupaten Malang menutup rangkaian gempa bumi dalam dua hari terakhir. Mengingat kekuatan guncangannya semakin besar dalam beberapa hari terakhir, masyarakat Indonesia sebaiknya waspada dan selalu bersiap menghadapi segala kemungkinan bencana

Sumber : Malangtoday.net

  Komentar untuk Terasa Hingga Bali, Gempa Bumi Malang Jadi yang Kelima dalam Dua Hari!

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!