TERAPI PASKA GEMPA

34399 medium img 4830 34400 medium ae01abc2 7610 44c3 8aaf a13c7785f553 34401 medium afa7418b cb4c 4ca9 9fde 71e838fbcff8
Alhamdulillah puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah karna telah bisa mengikuti pelatihan singkat dengan menyempatkn diri bisa hadir terdorong oleh keinginan membantu sesama . Dalam hati saya selalu bertanya apa yang bisa saya perbuat setelah bencana gempa . saya ingin seperti teman, saudara, sahabat yang setiap saat selalu meluangkan waktu , tenaga, fikiran, ilmu, harta dan terus berbuat tanpa kenal lelah.

Relawan itu sebutannya orang yang selalu rela mengorbankan apa yang mereka bisa , tidak semua orang diberi hati untuk selalu ikhlas membantu sesama meski terpisah dengan keluarga tidak berfikir seperti apa nanti situasi dan kondisi yang akan dijalani ditempat bencana itulah yang dilakukan oleh seorang praktisi terapy bencana yang bernama ka idzma,bersinergi dengan yayasan kerajaan dongeng, beliulah yang dengan suka rela menyumbangkan ilmunya dengan gratis meski beliu telah menuntutnya dengan biaya materi yang wah untuk mendapatkannya namun semua itu beliu abaikan demi membantu atas nama kemanusian disetiap lokasi bencana.

pelatihan play therapy yang kami dapatkan sangat luar biasa mulai dari terapi kepal hingga ujung kaki meski terlihat dengan cara yang sederhana tapi dampaknya sangat besar untuk ketenangan jiwa , pengembalian perasaan dan melancarkan peredaran darah akibat ketegangan atas segala masalah dan peristiwa.

Terapi untuk anak usia dini bisa dilakukan dengan cara sebuah permainan dan dongeng yang jika kita lakukan tanpa disadari oleh anak bahwa mereka sudah diterapi , subha nallah ternyata ilmu itu luas dan kita tidak memilikinya kecuali hanya secuil dari maha besar NYA sang khaliq.

Titik ketegangan dari sebuah peristiwa yang membuat orang jadi tegang dan kurang normalnya aktifitas berkehidupan adalah emosi, maka dalam terapi ini bagaimana menstabilkan perasaan emosional agar tidak ada rasa takut cemas panik. salah satu contoh praktik bagaimana cara kura - kura jika ada musuh atau bahaya yang mengancam kita bisa mensituasikan anak dengan mengatakan" kura- kura akan masuk / sembunyi ketempurungnya, tangan dikepal direntangkan lalu dimasukan kedada sambil sembunyikan kepala dan berhitung, dan mengatakan keadaan sudah aman" baru tangan dan kepala dibuka dan membuang nafas sambil berkata Alhamdulillah. itulah salah satu contoh terapi pada anak usia dini.

silahkan mencoba semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk kita terus belajar dan mencari tau, semoga masyarakat lombok khususnya bisa mengambil i'tibar atas segala peristiwa , demi anak lombok dan anak bangsa kita terus berusaha memberikan yang terbaik agar bisa berguna dimasa depan.
wallahua'lam bissawab

#
semoga bermanfaat
#
sahabat anak dan orang tua
Sudah dilihat 89 kali

Komentar