Tempat Ngabuburit di Bogor, dari Lapangan Sempur Hingga Istana Presiden

7 May 2019, 14:47 WIB
2 0 113
Gambar untuk Tempat Ngabuburit di Bogor, dari Lapangan Sempur Hingga Istana Presiden
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Seturut dengan namanya, ngabuburit dilakukan saat waktu sore (burit) jelang magrib. Tradisi unik ini selalu ada saat Ramadan. Berbagai kegiatan seperti jalan-jalan sore hingga berburu santapan buka puasa menjadi pengisi waktu ngabuburit.

Untuk menghabiskan waktu jelang berbuka puasa ini, Kota Bogor punya seabrek tempat yang bisa dikunjungi. Berikut tempat ngabuburit paling asyik di Kota Bogor yang bisa dikunjungi.

Lapangan Sempur

Jika bukan bulan Ramadan, Lapangan Sempur bakalan ramai oleh warga Bogor yang melakukan aktivitas olahraga. Memasuki bulan puasa lapangan ini tak kalah ramainya terutama pada sore hari lantaran banyak warga yang memanfaatkan ruang publik terbesar di kota hujan ini sebagai tempat favorit ngabuburit.

Di lapangan Sempur ada dua taman yang menjadi tempat favorit warga yakni Taman Kaulinan dan Taman Ekspresi. Tak kalah pentingnya di sekitar lapangan Sempur ini Anda juga bisa membeli beraneka takjil untuk santap saat buka puasa.

Taman Kencana

Berada tak jauh dari Lapangan Sempur terdapat taman tua peninggalan zaman kolonial Belanda yakni Taman Kencana. Dibandingkan lapangan Sempur taman ini tak terlalu luas. Ukurannya hanya sekitar setengah lapangan bola. Kendati tak begitu luas, udaranya yang sejuk karena ditumbuhi banyak pohon membikin kita betah berlama-lama apalagi disaat musim panas di bulan Ramadan ini.

Tak usah kawatir jika kamu betah berlama-lama di taman ini hingga buka puasa karena ada banyak takjil di sekitar taman. Kemudian ada pula banyak cafe dan restoran favorit para pelancong di seberang taman kencana ini.

Taman Heulang

Taman Heulang yang terletak di kawasan Tanah Sareal, Kota Bogor merupakan salah satu taman terluas di Kota Hujan. Taman ini dilengkapi berbagai fasilitas menarik. Teranyar taman Heulang menambah arena permainan untuk melengkapi fasilitas yang telah ada.

Masjid Raya Kota Bogor

Ingin ngabuburit sekaligus mendapatkan siraman rohani maka Masjid Raya Kota Bogor adalah tempatnya. Setiap hari selama bulan Ramadan Masjid yang berada di Jalan Padjajaran ini akan menggelar tausiyah jelang buka puasa.

Tak hanya mendengarkan tausiyah disini kamu juga bisa menambah wawasan dengan membaca buku-buku yang disediakan oleh pengurus masjid. Jika bedug Magrib telah datang maka tak usah kawatir karena Dewan Kemakmuran Masjid akan memberikan takjil gratis kepada kamu.

Jalan Bangbarung Raya

Kegiatan ngabuburit yang diisi dengan berburu takjil juga bisa dilakukan di Jalan Bangbarung. Di jalan sepanjang sekira 500 meter ini, kamu bisa menemukan berbagai jenis takjil untuk berbuka puasa.

Kawasan ini memang dikenal sebagai salah satu sentra takjil saat Ramadan tiba. Tempat ini cocok bagi kamu yang gemar berburu takjil atau makanan-makanan khas yang muncul saat Ramadan.

Taman Paranginan

Taman Peranginan berada tak jauh dari pintu utama Istana Bogor atau tepatnya berada di depan markas Kodim 0606 Kota Bogor di Jalan Jenderal Sudirman. Disebut Taman Peranginan karena di taman ini embusan angin bakal lebih terasa dibandingkan dari tempat lainnya.

Selain menikmati semilir angin, dari ketinggian Taman Peranginan ini kamu juga akan disuguhkan pemandangan permukiman warga Kota Bogor yang berada persis di bawah taman ini. Letaknya yang berada di tepi jalan membuat taman ini sering disinggahi warga untuk menghilangkan letih tak terkecuali saat ngabuburit.

Jalan Suryakencana

Kawasan Jalan Suryakencana dikenal sebagai sentra kuliner kaki lima Kota Bogor. Berbagai makanan tradisional, maupun hasil modifikasi khas kota hujan terdapat di sini.

Surga kuliner Kota Bogor ini memang cocok dijadikan tempat ngabuburit selama Ramadan. Di sini, kamu bisa menjajal beragam jenis makanan, baik makanan ringan maupun makanan padat.

Istana Bogor

Tempat ini bisa dijadikan alternatif untuk menghabiskan ngabuburit menunggu bedug berbuka puasa. Di sekeliling Istana Bogor, kamu bisa menikmati suasana Kota Bogor sambil jalan-jalan sore di pedestrian Kebun Raya Bogor.

Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan rusa-rusa yang hilir-mudik di taman istana. Tak perlu khawatir soal menu berbuka puasa. Letak Istana Bogor yang persis di pusat kota, membuatmu dapat dengan mudah bisa menemukan berbagai pilihan makanan yang diinginkan.

  Komentar untuk Tempat Ngabuburit di Bogor, dari Lapangan Sempur Hingga Istana Presiden

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!