Teknik Dasar Mancing Ikan Air Tawar Agar Dapat Banyak

65971 medium tips mancing
Haloha sobat pancinger nusantara. Apakah anda tahu teknik dasar mancing yang baik dan benar? Tentu harus tahu, jangan ngaku pecinta mancing klo belum memahami teknik dasar mancingnya yakaann. Memang untuk para pemancing pemula, mancing itu terlihat mudah, cuman lempar umpan, ikan memakan umpan, gulung senar lalu angkat. Dan pada kenyataannya tidak seperti itu, karena diperlukan sedikit keahlian khusus.

Nah teknik ini akan sangat diperlukan sekali apalagi jika anda sedang mengikuti perlombaan mancing. Maka berlatihlah dan pengalaman akan mengajarkan tentang bagaimana teknik mancing yang baik dan efektif. Tentu pada pembahasan kali ini kami akan berbagi infomasi mengenai Teknik Dasar Mancing Ikan Air Tawar yang baik agar hasil mancingnya memuaskan dan sesuai keinginan.

1. MELONTAR / MELEMPAR UMPAN

Kunci sukses kegiatan mancing juga ditentukan oleh teknik melontar umpan. Lontaran disesuaikan pada titik yang sama dengan titik yang telah diberi umpan pengebom. Jika titik ada di dekat teman, maka cukup mengayunkan umpan saja tanpa sabetan joran, kemudian arahkan umpan ke tempat yang di tuju.

Tempat-tempat yang cocok dijadikan titik potensial (hotspot) untuk melontarkan joran yaitu seperti tempat terdalam pada bagian empang yang rata, sisir dengan pelampung tempat tersebut jika ada satu bagian terdalam maka jadikan sebagai titik potensial.

2. PERTANDA ISYARAT KENUR

Gerakan umpan yang dimakan ikan nah itu isyarat getarannya langsung disalurkan ke kenur. Setelah umpan dilontarkan, di gulung kenur sedikit, taruhlah joran pada cagak joran (rod rest) atur kenur agar menegang. Perhatikan kenur yang memasuki air karena di sini getarannya dapat terlihat jelas. Ada 2 kondisi dimana kita harus segera menggentak joran yaitu :

Tanpa isyarat awal, tiba-tiba saja kenur terangkat dan bergerak menjauh.
Kenur yang tegang tadi tiba-tiba menjadi kendor.
Keadaan lain yang dapat dideteksi seperti kenur yang bergerak-gerak mengencang.

3. GENTAKAN / TARIKAN JORAN

Agar ikan dapat terkait saat melahap umpan, anda perlu hentakan joran (strike) terutama bila rangkaian yang menggunakan pelampung. Hentakan joran dapat digolongkan sebagai gerakan yang refleks. Caranya raih joran dengan memegang pangkal joran tepat di dudukan ril penggulung, posisi jari telunjuk ada didepan gagang penggulung jari lain berada di belakangnya. Gerak menggentak yang benar adalah melawan arah kenur. Pada lokasi alam, lontaran dapat saja jauh di arah kanan atau kiri dari posisi kita.

4. MENAKLUKKAN IKAN TARGET

Menaklukkan ikan adalah saat yang paling sulit, gerakan ikan yang berontak melebihi kekuatan maka akan menyebabkan kenur putus. Setel drag pada posisi setengah dari posisi mati (terkunci penuh), jangan biarkan drag dalam keadaan terkunci penuh. Biarkan ikan yang terpancing melarikan kenur.

SUMBER : http://oplosansuper.com/
Sudah dilihat 29 kali

Komentar