Tarawih di Masjid Raya Kota Bogor Khatamkan 1 Juz Alquran

9 May 2019, 11:53 WIB
2 0 97
Gambar untuk Tarawih di Masjid Raya Kota Bogor Khatamkan 1 Juz Alquran
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Salat Tarawih adalah salah satu ibadah yang disyariatkan di Bulan Ramadan. Biasanya ibadah ini dilakukan di masjid. Dan salah satu masjid yang menjadi favorit warga Kota Bogor untuk melaksanakan tarawih adalah Masjid Raya, di Jalan Pajajaran.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Raya Kota Bogor, Ahmad Fathoni mengatakan berbeda, dengan masjid-masjid lainnya imam-imam salat Tarawih di Masjid Raya Kota Bogor akan mengkhatamkan satu juz Alquran saat salat.

"Untuk salat tarawih di masjid raya Kota Bogor itu 20 rakaat dengan menyiapkan iman yang tahfiz, tiap satu malam satu juz Alquran atau kita sebut one day one juz, jadi bagi jamaah yang salat tarawih disini artinya sama dengan satu hari baca satu juz alquran sambil tarawih," ujar Fathoni ditemui di Masjid Raya, Rabu (8/4/2019).

Menurutnya, mengkhatamkan 1 juz Alquran saat salat Tarawih di Masjid Raya ini telah dilakukan sejak tahun 2015 yang lalu dan banyak disukai serta diapresiasi oleh masyarakat. Menamatkan 1 juz Alquran saat tarawih kata Fathoni bukan tanpa alasan. Hal ini karena memperbanyak membaca Alquran sendiri disarankan saat Ramadan agar mendapat pahala yang melimpah.

Di zaman sekarang ini, banyak orang yang memiliki aktivitas sangat padat sehingga diharapkan dengan adanya one day one juz ini dapat memfasilitasi mereka yang punya aktivitas padat itu tetap bisa tadarus Alquran.

"Walaupun hanya mendengar tapi mereka sebagai makmum telah ikut baca Alquran, nah ini tiada lain kita ingin fasilitasi jamaah, jadi ketika tarawih disini mereka tidak hanya dapat pahala tarawih tapi juga tadarus alquran 1 juz 1 hari," katanya.

One day one juz ini sambung Fathoni hanyalah salah satu program Ramadan Masjid Raya. Dari sisi tarbiyah dan dakwah, Fathoni mengungkapkan ada agenda-agenda rutin lainnya selama ramadan seperti kajian Qobla Zuhur. Kajian jelang takzil, takzil berjama’ah bareng Masjid Raya.

Selain itu, adapula kegiatan sosial di bulan suci Ramadan seperti santunan yatim dan dhuafa, konsultasi dan bimbingan muallaf, menerima dan mendistribusikan zakat, Infaq dan shodaqoh berbasis kejama’ahan. Kegiatan lainnya ada Festival Lomba Islami (FLI), Tahfiz Qur’an, Pildacil, adzan,
pelatihan da’i tutor sebaya, pelatihan kader ulama.

“Lomba photografi tema Islami. Lomba stand up comedi Islami. Pelatihan pemulasaraan jenazah, tadarrus bersama, i’tikaf Ramadhan, peringatan Nuzulul Qur’an, silaturahmi Ulama, Zu’ama dan Da’i Se-Kota Bogor,” tukasnya.

  Komentar untuk Tarawih di Masjid Raya Kota Bogor Khatamkan 1 Juz Alquran

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!