Tanggul jebol kembali menghantui petani di Kediri

23681 medium img 20180410 wa0020
KEDIRI, Tanggul yang membentang sepanjang Desa Sumberduren Kecamatan Tarokan, kemarin malam jebol, pasca debit air yang mengalir tak mampu lagi ditahan, dan sebelumnya, hujan deras menggyur sejak sore hingga malam hari. Hari ini, Koramil 05/Grogol bersama Polsek Tarokan dan warga setempat, mulai merehabilitasi tanggul yang sempat mengakibatkan rusaknya sekitar 4,2 hektar tanaman tebu milik warga, pasca jebol kemarin malam, selasa (10/04/2018)

Menurut Kepala Desa Sumberduren Siswoyo, tanggul ini memang kerap menimbulkan masalah bagi warga, karena seringkali tak mampu menahan gerusan air akibat hujan yang terus menerus mengguyur. Titik tanggul jebol yang dimaksud tidak monoton atau berpindah-pindah tempat, tetapi masih dalam satu jalur dari anak sungai yang melewatinya.

Tanggapan berbeda disampaikan Camat Tarokan Merry Susilowati, tanggul yang ada di Desa Sumberduren bisa jebol, dikarenakan struktur tanahnya yang gembur, selain itu sepanjang tanggul banyak ditemui tanaman rumput gajah, yang notabene mengakibatkan tanah hilang kepadatan. Terlepas dari struktur tanah tanggul, hujan deras juga menjadi penyebab utama tak mampunya tanggul menahan gerusan anak sungai yang mengalir.

“Rehabilitasi tanggul dilakukan dengan menumpuk karung-karung yang berisikan pasir dan kerikil. Untuk memperkuat tumpukan karung-karung ini, kita pasang patok bambu yang dijepitkan diantara tumpukan dengan gedek. Sudah dapat dipastikan dalam sehari, rehalibitasi tanggul bisa selesai,” jelas Danramil Grogol Kapten Inf Suliyono.

Dari penjelasannya, tanggul tersebut jebol dengan lebar hingga sekitar 11 meter dan ketinggian hampir sekitar 2 meter. Lahan pertanian milik warga yang mayoritas ditanami tebu, sekitar 4,2 hektar rusak, akibat air yang keluar dari celah tanggul yang jebol tersebut.

“Sekitar 2,8 hektar tanaman tebu milik warga masih berumur 2 hingga 3 bulan, yang lainnya sudah cukup besar. Sedangkan yang sudah dipastikan rusak total sekitar 0,7 hektar yang lokasinya tepat didepan keberadaan tanggul jebol,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Tarokan AKP Sukarman, pihaknya juga turut membantu warga yang saat ini sedang ditimpa masalah, khususnya mereka yang sehari-hari bergelut di sektor pertanian. Bersama anggota Koramil Grogol dan warga setempat, anggota Polsek Tarokan turut membantu penumpukan karung-karung di celah tanggul yang jebol tersebut.

Sudah dilihat 53 kali

Komentar