Tak hanya ikan, 6 makanan ini buat otak kamu cerdas

23 February 2016, 7:55
46 1 107
Gambar untuk Tak hanya ikan, 6 makanan ini buat otak kamu cerdas
Asam lemak omega-6 memainkan peranan yang penting bagi fungsi otak. Tak hanya itu, asam lemak ini juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan membantu mengobati kanker.

Menurut WHO, rata-rata asupan omega-6 sekitar 17 mg/hari bagi pria yang berusia 14-50 tahun dan 12m/hari bagi wanita. Seperti yang kamu tahu, ikan merupakan salah satu sumber asam lemak omega-6 yang cukup tinggi.

Tetapi, makanan yang kaya akan omega-6 tak hanya bisa kamu dapatkan dari ikan, Ada beberapa jenis makanan lain yang juga kaya akan omega-6. Melansir dari thehealthsite, berikut ini merupakan enam sumber omega-6, selain ikan.

1. Minyak bunga matahari
Satu sendok makan minyak bunga matahari mengandung sekitar 10mg asam lemak omega-6. Tak hanya itu, minyak ini juga kaya akan vitamin E.

2. Minyak kedelai
Mungkin kamu tak asing tentang manfaat kedelai bagi kesehatan. Kedelai dalam bentuk minyak kaya akan omega-6. Sekitar satu sendok makan minyak kedelai mengandung 7,7mg asam lemak omega-3.

3. Kacang kenari
Tak banyak orang yang menyadari bahwa kacang kenari kaya akan kandungan asam lemak omega-6. Sekitar 37,5gr kacang kenari mengandung omega-6 sebesar 9gr.

4. Minyak zaitun
Minyak yang satu ini seolah tak pernah absen dari daftar makanan sehat. Sekitar satu sendok makan minyak zaitun mengandung 1,2gr omega-6.

5. Biji wijen
Mungkin kamu sudah tahu bahwa biji wijen diperkaya dengan zat besi. Tetapi, tak banyak tang tahu bahwa biji wijen kaya akan omega-6. Setiap 37,5gr biji wijen mengandung 5,3gr omega-6.

6. Biji labu
Biji labu yang biasa dijadikan kuaci ini juga kaya akan omega-6. Sekitar 37,5gr biji labu mengandung sekitar 4,8gr omega-6.

Sumber omega-6 dari makanan di atas juga bisa jadi sumber omega-6 bagi kamu yang tak suka mengonsumsi ikan. Bagaimana, berani coba?

  1 Komentar untuk Tak hanya ikan, 6 makanan ini buat otak kamu cerdas

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar