Tahapan Rawan Pilkada di Masa Pandemi

3 0 41
Gambar untuk Tahapan Rawan Pilkada di Masa Pandemi
Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2020 telah menetapkan Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan diselenggarakan secara serentak pada 9 Desember mendatang. Ada 270 daerah di sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota yang akan mengelar pesta demokrasi secara serentak tersebut. Salah satunya Kota Solo.

Sementara, penyelenggaraan Pilkada di tengah pandemi memunculkan berbagai masalah baru yang semakin mempersulit terciptanya Pilkada sukses. Pengamat Politik dari Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Agus Riewanto saat mengisi kegiatan diskusi bersama Jurnalis Warga (JW) Solo, Minggu (4/10/2020), mengatakan ada dua indikator sukses dalam Pilkada.

Pertama sukses secara proses yakni berjalan secara aman, tepat waktu, dan tertib. Selanjutnya sukses secara substansi yakni menghasilkan pemimpin yang aspiratif. Agus kemudian menyebut kiat memilih pemimpin yang baik dan ideal. Di antaranya role model yang dikagumi, dihargai, dan diikuti. Memberikan inspirasi dan memotivasi. Mendorong (menstimulasi) kreatif dan inovatif. Serta mendengar aspirasi, mendidik, dan Melatih masyarakat.

Perwujudan keduanya jelas dihadapkan pada tantangan berat. Mengingat sekarang ini masyarakat juga tengah menghadapi ancaman pandemi coronavirus diseaases 2019 (Covid-19). Agus kemudian menyebut beberapa tantangan penyelenggara Pilkada Solo yang dirangkumnya dalam tiga tahapan.

Tahapan pertama yakni kampanye. Di masa ini rawan terjadi kampanye hitam, hoax di media sosial, politik uang, intimidasi, dan hate space SARA. Selanjutnya pada pemungutan suara. Pada masa ini rawan politik uangm intimidasi pada pemilih dan penyelenggara, manipulasi penghitungan suara, pemalsuan dan penyalahgunaan modell formulir C6. Terakhir yakni rekapitulasi dan penetapan calon. Pada tahap ini ada kerawanan perbedaan data antar saksi dengan KPU, potensi manipulasi data hasil pemilu, dan politik uang.

Sebelumnya, pada forum yang sama Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solo, Arif Nuryanto, mengatakan bahwa pihaknya bersama KPU Solo siap menyelenggarakan serangkaian proses Pilkada. Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat untuk turut serta berpartisipasi aktif. Baik dengan menggunakan haknya maupun turut mengawasi Pilkada

#PilkadaSolo #Respect #PPMN #JWSolo

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Komunitas Motor (Sezari C70 ) Lombok Timur Peduli Lingkungan

    sosiawanputra  di  Pringgasela, Lombok Timur  |  26 Nov 2020
  2. Semangat Harlah KOPRI dari Pulau Putri

    Nensi Indri  di  Gresik  |  30 Nov 2020
  3. Suro Amerta Surokarsan Titik Finish Gowes Bareng Promosi Wisata Kampung

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  29 Nov 2020
  4. TASYAKURAN PEMBUKAAN KEMBALI SSB PELITA TUNAS CICURUG-SUKABUMI

    Firman Ardiansyah  di  Cicurug, Sukabumi Kabupaten  |  29 Nov 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    TASYAKURAN PEMBUKAAN KEMBALI SSB PELITA TUNAS CICURUG-SUKABUMI

    Firman Ardiansyah  di  Cicurug, Sukabumi Kabupaten  |  29 Nov 2020
  2. 2
    Komentar

    Hayya 'Alal Jihad Itu Lafazh Bid'ah Dalam Azan

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Kemang, Bogor Kabupaten  |  30 Nov 2020
  3. 1
    Komentar

    Jurus Jitu Camat Menurunkan Angka AKI-AKB

    Sarip Hidayatulloh  di  Parungkuda, Sukabumi Kabupaten  |  29 Nov 2020
  4. 1
    Komentar

    Komunitas Motor (Sezari C70 ) Lombok Timur Peduli Lingkungan

    sosiawanputra  di  Pringgasela, Lombok Timur  |  26 Nov 2020