SYAWALAN TRAH KELUARGA H.KARYOREJO ABDUROKHIM, DAHSYATNYA IKHLAS

26797 medium 20180618 130230
Paliyan (18/6); Syawalan trah keluarga trah H. KARYOREJO ABDUROKHIM mengmbil tema "Mengaku salah itu mulia dan saling memaafkan itu indah". Tema yang diambil bertujuan agar sesama keluarga khususnya dan seluruh kaum muslim untuk saling minta maaf dan memaafkan.

Manusia itu tempatnya salah dan selayaknya orang yang punya salah harus meminta maaf. Salah bisa kepada siapapun, yang muda kepada yang tua atau pun sebaliknya. Untuk itu kepada siapapun kita harus minta maaf tanpa harus malu ataupun gengsi. Begitupun yang dimintai maaf, hendaknya juga memberikan maaf dengan lapang dada dan penuh keilkhlsan.

Dalam syawalan trah ini diisi Mauidhoh Hasanah dari KH. Zudi Rahmanto, M.Ag.
Dalam tausyahnya beliau menyampaikan tentang kekuatan ikhlas. Dijelaskan dalam hadits qudsi ketika bumi diciptakan dalam keadaan bergoyang, Allah menciptakan gunung sehingga bumi menjadi tenang. Kemudian malaikat bertanya; adakah yang lebih kuat daripada gunung?. Allah menjawab; gunung kalah oleh beai, dlbesi kalah oleh api, api kalah oleh, dan air kalah oleh angin.
Hingga sampai pertanyan terakhir: ”Yaa Allah, apakah ada makhluk-Mu yang lebih kuat dari pada angin?
Allah menjawab,"anak Adam yang bersedekah dengan tangan kanan, sehingga tangan kirinya tidak mengetahui". Itulah ikhlas yang begitu besar dan dahsyatnya.

Maka, ketika kita ingin dinilai Allah lebih kuat dari pada yang lainnya. Maka tanamkan rqsa keikhlasan dalam setiap diri manusia. Begitu pula dengan memaafkan sesama hendaknya dilandasi dengan rasa ikhlas sehingga semua dosa dan kesalahan diampuni Allah Swt. Akhirnya kita dijadikan manusia yang bersih dan suci. Amiin
Sudah dilihat 98 kali

Komentar