Surutnya Banjir bandang yang melanda kec.Bungku utara kab.morowali utara prov.sulawesi tengah

62848 medium fb img 1559453380519 62849 medium fb img 1559434687008
Pada hari saptu (1/5/2019), banjir bandang di sertai lumpur yang melanda hampir keseluruhan desa di kecamatan bungku utara, wilayah yang berada di kabupaten morowali utara provinsi sulawesi tengah adalah wilayah yg sangat rawan ketika hujan mengguyur selama sehari semalam tanpa henti, kecamatan ini adalah daerah yg curah hujannya sangat tinggi.

kondisi banjir di beberapa desa sudah mulai surut dan cuaca mulai membaik. Namun, masyarakat tetap harus waspada dalam beberapa hari ke depan di karnah kondisi wilayah bungku utara adalah daerah yg memiliki insessitas hujan yg tinggi.
Pada hari ini (2/5/2019) Banjir berlahan-lahan mulai surut, dan juga di ibu kota kecamatan bungku utara tepatnya di desa baturube masarakatnya sudah mulai membersikan rumahnya masing-masing dari sisa-sisa Lumpur yg di sebabkan oleh banji bandang yang terjadi kemarin.

Dalam kejadian ini belum ada laporan yg masuk bahwa adanya korban jiwa, namun bencana ini mengakibatkan banyaknya rumah warga, sekolah, kantor dan rumah ibadah yang terendam banjir, trus ada juga beberapa rumah yang hanyut terbawah derasnya arus banjir. lapangan dan pekarangan rumah warga yang lonsor itu mengakibatkam terbentuknya lubang yang mirip jalur aliran sungai. akses darat yang menghubungkan kabupaten banggai dan kabupaten morowali utara tidak bisa dilalui, di karnakan terputusnya jembatan dan jalan yg menghubungkan 2 kabupaten ini, dan di tambah lagi akses laut juga terputus di akibatkan gelombang besar dan cuaca buruk.

akibat terputusnya akses darat dan laut di wilayah kec. Bungku utara itu akan berpengaruh terhadap perputaran ekonomi di morowali utara akan sedikit menurun dan melambat. kebanyaknya masarakat kecamatan bungku utara yang akan melakukan mudik mereka harus rela menunggu sampai cuaca mulai membaik dan gelombang air laut mulai stabil.
Serta jambatan dan jalan yg terputus di buatkan jalan darurat. Biar masarakat yg melakukan mudik bisa merayakan hari raya IDUL FITRI bersama keluarga.

EDITOR: KIKI LOP
Sudah dilihat 54 kali

Komentar