PROGRAM SUKET (SISTIM USAHA KELUARGA TERPADU) DUSUN KREKAH GILANGHARJO PANDAK BANTUL

43347 medium post 50348 4de34aee 14ca 4581 9fb3 f76c07c7cbc3 2018 12 20t09 48 12.014 07 00
Ada ceritanya kenapa kali ini saya selfi di depan ibu - ibu yang mengantri mengambil bibit tanaman sayur. Kemarin 19 Desember 2019 saya menghadiri undangan dari PT . Trokajaya yang mempunyai kantor di dusun saya. Di acara yang bertema pemanfaatan halaman ini saya mendengar pak Sis bercerita.
Beberapa waktu yang lalu , bapak-bapak kelompok tani Gilangharjo berkumpul. Mereka menyepakati tentang musim tanam padi yang akan dilaksanakan antara tanggal 20-25 Desember 2019. Disepakati 30 hektar lahan pertanian akan ditanami beras organik. 10 hektarnya mentik susu, sisanya lagi akan ditanami mentik wangi.
PT. Trokajaya yang juga terlibat dalam pertemuan tersebut mengajak taruna tani untuk terlibat. Di luar dugaan , para Taruna Tani malas ke sawah karena mereka takut hitam, gatal , jijik dll.
Saya sendiri belum yakin pernyataan tersebut hanya untuk lelucon pembicaraan atau memang sebuah temuan. 😂
Jadi dari lelucon (temuan) tersebut dibuatlah program SUKET . Yaitu kepanjangan dari Sistem Usaha Keluarga Terpadu.
Dilakukan disekitar rumah, yang melakukan ibu rumah tangga dan putra putrinya .
Tanaman yang akan dikembangkan adalah sayuran yang memiliki nilai ekonomis, seperti cabe , terong , gambas, buncis , kangkung cabut , bayam hijau , dan bayam merah , selada , kates bangkok dan lain-lainnya.
Pertanyaannya, peranan taruna tani yang takut hitam tadi dimana ya?
Taruna tani akan menyemai biji - biji bibit sayuran di rumah trokajaya dusun kami , dusun Krekah RT 01, Gilangharjo, Pandak , Bantul.
Setelah menjadi tanaman bibit ,mereka akan memindah ke polibag yang lebih besar. Lalu ibu - ibu yang sebagiannya nampak dibelakang saya itu akan mengambil dan merawatnya di rumah.
Hasilnya dikumpulkan dan dicatat oleh taruna tani untuk dijual.
Oya , metode tanam yang digunakan dari awal adalah menanam secara organik. Saya sendiri sebagai ibu senang dengan adanya program ini. Saya melihat progam ini bisa mengurangi pengeluaran saya dalam membeli sayuran. Keluarga - keluarga bisa menkonsumsi sayuran organik yang sehat. Bisa menambah pemasukan keluarga, dan juga menambah pengetahuan kami tentang tanaman sayuran organik . Dan yang lebih penting saya bisa berkegiatan positif dan menyenangkan bersama anak - anak saya . Semangat menanam! #organik #desaorganik #gilangharjo
Sudah dilihat 140 kali

Komentar