Sudah Mulai Sekolah? Mari Ajarkan Anak Makan Sehat Sejak Dini

28264 medium kidseatinghealthy
Salam warga AtmaGo! Karena anak-anak udah pada mau masuk sekolah, berbagai aktifitas kembali aktif lagi. Yuk, jangan sampai kasih kendor :)

Makanan sehat merupakan salah satu faktor terpenting untuk menjaga tubuh anak kita agar selalu sehat dan fit. Ibarat pepatah, dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Sayangnya, saat ini banyak diantara kita yang kurang memperdulikan apa yang dibutuhkan oleh tubuh anak kita. Terkadang pula, para orang tua berpikir terlalu sederhana, yang penting anak-anak kenyang saat sarapan, baik di rumah maupun di kantin jajanan sekolah. Akibatnya, tak jarang anak-anak kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan tidak memiliki nilai gizi sedikitpun.

Peran jajanan di sekolah sangat penting dalam menyumbang kebutuhan gizi anak. Oleh karenanya, sangatlah penting untuk memperhatikan kualitas jajanan anak-anak di sekolah. Akan lebih baik lagi jika anak membawa bekal makanan dari rumah. Selain lebih trrjamin kualitas kebersihan dan keehatannya, tentu saja akan lebih bernilai gizi jika membawa dari rumah.

Berikut beberapa cara untuk mangajar anak untuk makan sehat sejak dini:

>> Makan Bersama

Sempatkan waktu untuk makan bersama di meja makan. Kenalkan mereka bagaimana makan enak tapi tak mengurangi kebutuhan nutrisinya. Hal ini dilakukan untuk mendukung tubuhnya agar tetap sehat, menghindari kegemukan, mendukung supaya otak anak tetap cerdas dan tumbuh kembangnya tidak terganggu.

>> Berkonsultasi dengan Ahli Gizi

Anak-anak tipenya berbeda-beda dalam menyikapi suatu hal. Termasuk mengatur pola makannya yang harus bernutrisi seimbang. Jika perlu, konsultasi dengan ahli gizi untuk memecahkan masalah yang dihadapi anak. Jangan biarkan anak susah makan dan orang tua selalu menuruti permintaannya yang kurang baik.

>> Makanan Harus Bervariasi

Setiap kali makan coba variasikan makanan dengan beragam menu. Yang jelas Anda harus menghidangkan berbagai menu makanan yang bergizi, dengan lauk pauk sayuran, sumber protein dari aneka daging atau telur, protein nabati tempe dan tahu, hingga buah-buahan segar kaya vitamin.

>> Jadilah Contoh yang Baik

Anak akan meniru kebiasaan Anda, seperti senang mengonsumsi makan sehat dengan nutrisi seimbang. Bagaimana caranya kalau Anda menginginkan anak untuk makan sehat, tetapi Anda tidak memberi contoh baik. Pasti dampaknya anak jadi ikut-ikutan makan sembarangan yang buruk dampaknya.
Sudah dilihat 21 kali

Komentar