Sudah kenal penyakit " Broken Heart Syndrome"?

16 June 2019, 20:24 WIB
7 1 161
Gambar untuk Sudah kenal penyakit " Broken Heart Syndrome"?
Broken heart Syndrome atau sindrom patah hati yang dalam bahasa medis dikenal dengan nama "Takutsubo Cardiomyopathy" merupakan suatu penyakit yang menyerang jantung dan gejalanya mirip dengan serangan jantung. penyakit ini biasanya dipicu karena kehilangan seseorang yang sangat dicintai, atau trauma akibat bencana besar yang menimbulkan stress dan depresi. dari hasil peneltian setelah bencana besar seperti gempa, tsunami, dan lain lain korban banyak yang menderita broken Heart Syndrome ini., seperti pada penelitian yang dilakukan saat gempa besar terjadi di jepang tahun 2004 dilaporkan 1 bulan setelah bencana tersebut penderita "Broken heart Syndrome" meningkat hingga 24 kali lipat.

Apa Saja tanda dan gejala dari "Broken heart syndrome" ini, pasien akan merasakn nyeri dada, sulit bernapas, detak jantung yang tak beraturan dan tubuh terasa lemah, ini kebanyakan dipicu karena ada faktro stres dan depresi akibat kehilangan orang yang sangat dicintai. sebenarnya jika serangn jantung terjadi karena ada penyumbatan di pembuluh darah di jantung, untuk "Broken Heart Syndrome" itu sendiri tidak terjadi penyumbatan, akan tetapi pasokan aliran darah ke otak yang berkurang salah satu akibatnya stress psikis hal ini menyebakan produksi hormon noreadrenalin dan adrenalin yang dapat membuat pembuluh darah di jantung menyempit sehingga aliran darah dari jantung ke otak menjadi berkurang.

"Broken Heart Syndrome" ini lebih sering terjadi pada wanita, dari beberapa kasus yang didapatkan 90 % penderitanya adalah wanita. tapi tenang saja Alhamdulillah penyakit ini dapat disembuhkan

" Jadi untuk semuanya penyakit itu bisa dipicu dari pikiran kita sendiri yang akhirnya berefek ke organ dalam tubuh kita, maka dari sekarang selalu berpikir positif, selalu bersyukur dan bersabar atas segala apa yang telah terjadi, dan satu hal lagi jangan terlalu mencintai seseorang, yang harus engkau cintai lebih besar dariapapun adalah Dia Allah Azza Wa Jalla sang pemilik hati, yang selalu membolak balikkan hati setiap hambanya, kau tak akan pernah sakit hati karena mencintaiNya.

sumber : International Seminar, Prof Chim C Lang MD FRCP FACC professor of cardiology consultant cardiology, University of Dundee

  1 Komentar untuk Sudah kenal penyakit " Broken Heart Syndrome"?

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Related Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Alhamdulillah Telah Hadir Radio Rodja 100.1 FM

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cileungsi, Bogor Kota  |  20 Feb 2020
  2. Sandang Peringkat 11 Wilayah Rawan Bencana, PMI Banyuwangi Susun Rapat Kerja Kemitraan

    Mbak Ning  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  18 Feb 2020
  3. Menyatukan Langkah, FKDM se-Kota Yogyakarta Melakukan Rakordasi Perdana 2020

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  21 Feb 2020
  4. Meski tanpa aplikasi,SARIPAH bisa menulis

    Arianto  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  20 Feb 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Meski tanpa aplikasi,SARIPAH bisa menulis

    Arianto  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  20 Feb 2020
  2. 4
    Komentar

    THE COLOURFULL RAJUMAS

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 Feb 2020
  3. 4
    Komentar

    20 - 02 - 2020

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  20 Feb 2020
  4. 3
    Komentar

    Merdeka Mengajar Bukan Berarti Semau Gue.

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 Feb 2020