Study Banding KKM Mts Negeri dan Swasta Se-DIY Di Mts N 1 Kebumen Jawa Tengah

40470 medium post 47824 7769d157 b2af 4a3a 920e 6849535c101e 2018 11 24t13 17 49.315 07 00

Pada hari Sabtu, tanggal 24 November Kelompok Kerja Kepala Madrasah (KKM) se DIY mengadakan kunjungan ke Mts N 1 Kebumen dalam rangka study banding. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Kelompok Kerja Kepala Madrasah Mts Se-DIY. Tahun ini MtsN 1 Kebumen menjadi tujuan silaturrahmi dan study banding yang di ikuti oleh seluruh kepala dan waka madrasah Negeri dan Swasta di lingkungan Kanwil Kemenag DIY.
Acara disambut dengan paduan Suara MtsN 1 Kebumen. MC acara menyampaikan bahwa paduan suara MtsN 1 Kebumen sering di gunakan untuk mengisi event-event di tingkat kabupaten Kebumen.

Kepala Madrasah MtsN 1 kebumen, Bapak H. Muhammad Siswanto dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang
serta mengucapkan terimakasih atas kepercayaan dari KKM Mts se-DIY untuk memilih menjadi tujuan study banding. Kepala Madrasah menceritakan bahwasannya para guru dan stake holder banyak alumni dari Yogyakarta, sehingga malah seperti jeruk makan jeruk, seloroh bapak kamad.
"Pada dasarnya kita sharing, jika ada sesuatu yang baik dari Mts kami, bisa kita ambil dan petik. Alhamdulillah MtsN kita saat ini sudah sangat dipercaya bahkan menjadi rebutan oleh masyarakat untuk menyekolahkan anak mereka ke Mts ini. Jika di lihat pada jaman dulu, Mts agak kurang di minati, dan parahnya guru yang mengajar di Mts anaknya tidak di sekolahkan ke Mts. Namun saat ini Mts menjadi rebutan masyarakat, bahkan tidak mudah untuk bisa masuk Mts ini karena saking membludaknya jumlah peminat namun daya tampung masih kurang, terang Kepala Madrasah. Kualitas dan prestasi sangat di perhatikan dan harus dipertahankan. MtsN 1 Kebumen pada akhirnya menjadi peraih nilai UN tertinggi di tingkat SLTP dan Mts di Kebumen hingga pernah menjadi trending topik media karena mampu mengalahkan SLTP favorit di kota kebumen.
Program unggulan di Mts ini adalah program full day school yang pendaftarannya dimulai bulan februari dengan seleksi akademis dan psikologi. Fullday school saat ini sedang menuju pesantren salaf yang di kelola secara modern yang diformat dengan Islamic boarding school. selain itu ada program pembiasaan berbahasa arab dan Inggris dalam percakapan sehari-hari.
Dengan harapan kedepannya akan menjadi ikon Mts di kabupaten kebumen. Namun sarana dan prasarana memang belum maksimal dan memadahi.
Sedangkan program reguler di MtsN 1 ini mengacu sesuai dengan juknis yang ada di diknas. Demikian keterangan dari kepala madrasah.
Kuncinya, lanjut kepala madrasah : "Hubungan komunikasi yang baik semua elemen, serta menyamakan persepsi antar stake holder di sekolah.
Dalam kegiatan ini banyak kesempatan untuk saling berdiskusi dan sharing dengan Para kepala Mts se DIY dengan stake holder MtsN 1 kebumen yang di hadiri pula pengawas madrasah serta Komite sekolah MtsN 1 Kebumen.

Sudah dilihat 62 kali

Komentar