STOP KEBIASAAN MENGGOYANG KENDARAAN SAAT MENGISI BBM

68463 medium img 20190731 225201
Sangat sering saya melihat, kebiasaan sebagian besar masyarakat yang menggoyang kendaraan, khususnya kendaraan roda dua saat mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU.
Saya tidak ikut-ikutan demikian, karena pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) semasa Sekolah Dasar dulu, masih saya ingat, bahwa sifat zat cair mengikuti wadahnya dan akan mengalir ke tempat yang lebih rendah.

Jadi tanpa menggoyang kendaraan saat mengisi BBM, logikanya bensin, solar dan jenis BBM lainnya yang bersifat zat cair, akan menyesuaikan diri dengan bentuk serta kapasitas tangki/wadah dimana ia dicurahkan.
Para pengguna kendaraan diharapkan mengetahui seberapa besar volume atau kapasitas tangki kendaraannya dalam menampung BBM, sehingga tidak terjadi lagi aksi goyang menggoyang kendaraan sewaktu mengisi BBM.

Sekarang jelas terjawab sudah, hal seperti itu adalah hal yang keliru dan berpotensi membahayakan, seperti yang tertera pada banner di sebuah SPBU, yaitu SPBU 54.851.17, SPBU De Jongste Oil, Tanah Merah, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Banner tersebut menegaskan larangan :

🛑 STOP KEBIASAAN MENGGOYANG MOBIL & MOTOR SAAT ISI BENSIN BISA MENIMBULKAN KEBAKARAN 🔥

KEBAKARAN BISA TERJADI
KARENA UJUNG NOZZLE BESI BERTEMU
DENGAN UJUNG TANGKI
DISAAT KEDUA TITIK
BEDA MUATAN BERTEMU
MAKA TERJADI GESEKAN LISTRIK STATIS,
MAKA MEMUNGKINKAN ADANYA
LONCATAN PERCIKAN API.

BBM ITU BENDA CAIR
TANPA DIGOYANGPUN
BISA MASUK SAMPAI
CELAH TANGKI.

Penulis :
M. JAENUDIN


Sumber Photo :
FB : @FAHAMINFO
Sudah dilihat 57 kali

Komentar