SPORTER PERSELA MASIH DIPERKENANKAN MASUK STADIUN SURAJAYA LAMONGAN

3 December 2019, 11:23 WIB
1 0 98
Gambar untuk SPORTER PERSELA MASIH DIPERKENANKAN MASUK STADIUN SURAJAYA LAMONGAN
Ini Putusan Komite Banding PSSI Terkait Sangsi Persela

Persela telah mengajukan Permohonan Banding atas Keputusan Komite Disiplin PSSI Nomor: 142/L1/SK/KD-PSSI/XI/2019, tanggal 21 November 2019 dan dapat diterima berdasarkan Pasal 130 Jo Pasal 123 Kode Disiplin PSSI 2018, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap Keputusan Komite Disiplin PSSI.

Pada Permohonan Banding, Persela mengajukan keberatan bahwa pengrusakan yang dilakukan supporter (penonton) tidak mengarah pada perlengkapan pertandingan (gawang, rumput lapangan, garis sudut, papan skor) sehingga menjadi pertimbangan wasit dan pengawas pertandingan untuk melanjutkan pertandingan.

Point keberatan lainnya yakni Panitia Pelaksana (Panpel) pertandingan Persela sudah berupaya maksimal untuk menyukseskan penyelenggaraan pertandingan, salah satunya dengan pelibatan aparat keamanan, serta sudah menjalin komunikasi dengan korlap supporter.

Ketiga yakni pertandingan memang terhenti selama 55 menit sejak menit 71, tetapi Panpel pertandingan Persela berkoordinasi dengan pihak keamanan dan korlap supporter sehingga pertandingan dapat dilanjutkan sampai menit akhir.

Komite Banding PSSI mengapresiasi langkah-langkah yang diambil manajemen Persela untuk mengantisipasi pertandingan dan pasca kejadian dengan melakukan pendekatan kepada korlap supporter dengan berkoordinasi dengan pihak keamanan agar pertandingan dapat dilanjutkan.

Disamping itu, Komite Banding PSSI menilai bahwa pertimbangan Komite Disiplin PSSI terhadap penjatuhan hukuman kepada Persela tepat, namun usaha dari manajemen memulihkan secepat-cepatnya kondisi ricuh dan memulai pertandingan kembali hingga berakhir merupakan tindakan tepat.

Berdasarkan segala analisa serta mempertimbangkan terhadap bukti dan fakta yang terjadi, maka Komite Banding PSSI dengan ini memberikan putusan menerima Permohonan Banding Persela, Nomor: 159/D/PERSELA/XI-2019 tanggal 27 November 2019, Mengubah Keputusan Komite Disiplin PSSI, Nomor: 142/L1/SK/KD-PSSI/XI/2019, Menghukum supporter Persela berupa larangan tanpa penonton pada saat laga away sampai akhir musim kompetisi 2019 dan Menghukum Persela berupa denda sebesar Rp 250 juta sebagaimana diatur dalam Kode Disiplin PSSI Pasal 70 lampiran 1 Kode Disiplin PSSI 2018.

"Pertama, harus kita hormati dan patuh terhadap keputusan Komite Banding PSSI. Kami bersyukur bahwa keputusan tersebut sesuai dengan yang kita harapkan ," Ucap CEO Persela Yuhronur Efendi.

Sebelumnya, keputusan Komite Disiplin PSSI dalam kasus pelanggaran disiplin Tingkah Laku Buruk Suporter pertandingan Persela versus Perseru Badak Lampung FC, 20 November 2019, Persela dihukum larangan tanpa penonton pada saat laga home dan away sampai akhir musim kompetisi 2019 dan denda Rp 200 juta karena terjadi pelanggaran terhadap pasal 70 lampiran 1 Kode Disiplin PSSI.

Keputusan itu berdasarkan fakta dan pertimbangan hukum bahwa pada menit 71 suporter Persela terbukti melakukan pelemparan setelah Alex Goncalves gagal eksekusi penalti. Beberapa suporter kemudian naik ke pagar untuk turun ke sentel ban. Kejadian itu menyulut suporter lain untuk masuk lapangan dan merusak gawang dan mengejar pemain.

Suporter yang berada di tribun selatan, Utara dan Timur juga kepadatan membakar spanduk dan A-Board. Akibat kejadian itu pertandingan terhenti 55 menit.

"Yang sudah terjadi, menjadi pelajaran berharga bagi kita, agar tidak terjadi kembali. Tim sangat butuh support agar mental pemain bisa bangkit kembali. Tutup Yuhronur Efendi.

#sumberPerselaFC
#BolaSport.com

  Komentar untuk SPORTER PERSELA MASIH DIPERKENANKAN MASUK STADIUN SURAJAYA LAMONGAN

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Related Posts

Terbaru

Berita Warga
18 menit

Mengenal Novel Coronavirus

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Tanjung Priok, Jakarta Utara

Terpopuler

  1. Dugaan Pencemaran Nama Baik, Hendly Tempuh Jalur Hukum

    Sandy Makal  di  Palu Kota  |  15 Jan 2020
  2. Rahmat Effendi Terjun Langsung Bersihkan Lumpur Sisa Banjir

    Indra Gunawan  di  Jatiasih, Bekasi Kota  |  12 Jan 2020
  3. BANYUWANGI SIAGA BENCANA

    Mbak Ning  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  10 Jan 2020
  4. MAKSIMALKAN ATMAGO SEBAGAI UPAYA KESIAPSIAGAAN BENCANA

    Agus Basuki RAPI  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020

Komentar Terbanyak

  1. 9
    Komentar

    PENGENDANG BANYUWANGI (FATWA AMIRULLAH)

    fatwa amirullah kendang  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020
  2. 8
    Komentar

    MAKSIMALKAN ATMAGO SEBAGAI UPAYA KESIAPSIAGAAN BENCANA

    Agus Basuki RAPI  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  3. 5
    Komentar

    SAMPAH BAGAIKAN KELUARGA

    Konco Longok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  4. 5
    Komentar

    BPBD BANYUWANGI SIAGA BENCANA(diklat pmi)

    Hendika Londho  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020