Sosialisasi Program KKN Atma Jaya Jogjakarta di Dusun Gowok

3 November 2019, 14:14 WIB
2 0 106
Gambar untuk Sosialisasi Program KKN Atma Jaya Jogjakarta di Dusun Gowok
Kebonharjo.atmaGo.com

Mahasiswa peserta KKN Atma Jaya Jogjakarta angkatan 76 tahun 2019 melakukan sosialisasi awal di dusun Gowok desa Kebonharjo kecamatan Samigaluh. Sabtu, 2 November 2019. Bertempat di balai dusun Gowok. Sosialisasi merupakan proses mempelajari dan menanamkan suatu nilai, norma, peran, dan pola perilaku dari masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat.

Program KKN Universitas Atma Jaya Jogjakarta 2019 mengedepankan transfer ilmu dari beberapa prodi. Oleh karena itu, pelaksanaan KKN di pertama di awali dengan sosialisasi awal dalam bentuk diskusi tentang kebutuhan masyarakat terkait problema kehidupan sosial, ekonomi, agama, pendidikan, teknologi, dan sebagainya.
Sosialisasi awal ini dilaksanakan dengan seluruh warga dusun, ketua RT/ RW, BPD dan tokoh Masyarakat yang ada.
Dalam sambutanya dukuh Gowok (Sunardi) menyambut baik sosialisasi ini. Ia berharap kehadiran KKN Atma Jaya ini nantinya memberikan motivasi baru terhadap pembangunan dusun dalam segala hal. Sehingga sesuai dengan tujuan pokok dari kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) yakni pengabdian kepada masyarakat, sudah tentu sedikit-banyaknya akan berhubungan dengan masyarakat di wilayah KKN tersebut guna merealisasikan setiap program kerja yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa peserta KKN kepada masyarakat yang bersangkutan.

Sementara itu dalam sambutan kedua anggota BPD Kebonharjo (Edi Purwanto) mengungkapkan bahwa untuk mewujudkan atau menghasilkan program kerja yang terselenggara dengan baik tentunya harus ada hubungan yang baik pula antara penggagas program kerja (mahasiswa) dengan para pelaksana program kerja (masyarakat). Untuk itu, maka diperlukan komunikasi yang baik dengan para masyarakat.

Sehingga dalam menjalin hubungan yang baik tersebut, para mahasiswa peserta KKN di Dusun Gowok nantinya harus mengawalinya dengan silaturahmi dan bersosialisasi kepada tokoh masyarakat yang berada di wilayah Dusun tempat mereka ber-KKN terlebih dahulu dengan tujuan supaya nantinya para tokoh masyarakat ini dapat menggerakkan masyarakat lainnya. Terutama tetua dusun. Karena bagaimanapun mereka banyak berpengalaman.

Sedangkan dalam sambutan berikutnya perwakilan KKN Atma Jaya wilayah dusun Gowok (Tomy Tri Kurniawan) menyampaikan bahwa darma kami sebagai mahasiswa di dusun Gowok lebih kepada transfer ilmu ekonomi, dimana dalam setiap kegiatan itu nanti diharapkan masyarakat mampu menangkap dan menciptakan peluang secara komersial. Meski kami berbagai dari latar belakang disiplin ilmu berbeda tetapi muaranya tentu kepada sektor peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kami mahasiswa yang KKN bukan sebagai sumber dana, tetapi membantu secara moril.

Di akhir acara sosialisasi Ketua RW 01 Gowok menyampaikan saran dan pendapatnya. Menurutnya KKN di dusun Gowok sudah bukan hal baru. Namun sebagai mahasiswa yang banyak disiplin ilmu diharapkan mampu beradaptasi dengan masyarakat. Sehingga jika nanti tinggal di sini harus banyak berkunjung ke warga sebagai wujud kebersamaan maupun interaksi sosial. Kami warga tidak akan menuntut banyak program dapat terealisasi 100℅. Tetapi lebih penting sikap bergaul baik, akrab dapat membawa kesan tersendiri bagi warga kami dan kearifan lokal wilayah sangat penting dimengerti setiap mahasiswa. Harapannya ketika meninggalkan dusun Gowok setelah KKN itulah bukti ilmu kemasyarakatan yang sesungguhnya. Jangan seperti dulu ada KKN disini, tidak pernah berkunjung ke warga, sehingga tidak kenal warga, hanya dirumah saja. Tidak tahu programnya apa. Tiba tiba saja sudah pergi juga tidak pamitan. Ini sungguh sangat memalukan. Pungkasnya.

#dusungowokdesakebonharjo

  Komentar untuk Sosialisasi Program KKN Atma Jaya Jogjakarta di Dusun Gowok

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Related Posts

Terbaru

Berita Warga
1 jam

Loker driver

Jainudiaja  di  Senen, Jakarta Pusat
Berita Warga
4 jam

Mengenal Novel Coronavirus

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Tanjung Priok, Jakarta Utara

Terpopuler

  1. Dugaan Pencemaran Nama Baik, Hendly Tempuh Jalur Hukum

    Sandy Makal  di  Palu Kota  |  15 Jan 2020
  2. Rahmat Effendi Terjun Langsung Bersihkan Lumpur Sisa Banjir

    Indra Gunawan  di  Jatiasih, Bekasi Kota  |  12 Jan 2020
  3. BANYUWANGI SIAGA BENCANA

    Mbak Ning  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  10 Jan 2020
  4. MAKSIMALKAN ATMAGO SEBAGAI UPAYA KESIAPSIAGAAN BENCANA

    Agus Basuki RAPI  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020

Komentar Terbanyak

  1. 9
    Komentar

    PENGENDANG BANYUWANGI (FATWA AMIRULLAH)

    fatwa amirullah kendang  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020
  2. 8
    Komentar

    MAKSIMALKAN ATMAGO SEBAGAI UPAYA KESIAPSIAGAAN BENCANA

    Agus Basuki RAPI  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  3. 5
    Komentar

    SAMPAH BAGAIKAN KELUARGA

    Konco Longok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  4. 5
    Komentar

    BPBD BANYUWANGI SIAGA BENCANA(diklat pmi)

    Hendika Londho  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020