Sosialisasi Penyusunan RDK dan RDKK Plosoklaten

24966 medium img 20180503 wa0047
KEDIRI. Pertemuan rutin kelompok tani dan tokoh agama serta tokoh masyarakat desa Klanderan se-Kecamatan Plosoklaten diselenggarakan di Balai Desa Klanderan Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri dan acara tersebut dilaksanakan dalam rangka sosialisasi penyusunan RDK (Rencana Devinitif Kelompok) dan RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) tahun 2019, kamis (03/05/2018)

Hadir dalam acara sosialisasi tersebut Camat Plosoklaten Elok Etika, Danramil Plosoklaten Kapten Cpl Pratikno, BPP Plosoklaten Hadi Priyanto dan Mantri pertanian Miyanto.

Menurut Camat Plosoklaten Elok Etika pertemuan kelompok tani rutin tersebut untuk menyusun rencana kebutuhan sarana produksi, modal usaha tani satu tahun kedepan berdasarkan kesepakatan bersama kelompok tani dalam melaksanakan usaha taninya yang memuat data kelompok tani.

Sasaran utamanya adalah areal dan produktivitas intensivikasi, rencana kebutuhan sarana produksi, modal usaha taninya dan jadwal kegiatan serta pelaksanaan dan lain-lain yang mengikat semuan anggota kelompok tani.

Sedangkan RDKK adalah pesanan kelompok tani terhadap sarana produksi pertanian dan biaya lainnya untuk satu musim tanam sebagai hasil dari musyawarah Kelompok tani yang memuat jenis, jumlah, jadwal waktu yang dibutuhkan dan sumber dana untuk pembeliannya (baik swadana atau kredit), sasaran yang ingin dicapai adalah agar masing-masing petani dapat menentukan, berapa jumlah sarana produksi yang diperlukan, baik dengan swadana maupun dengan fasilitas kredit.

Demikian juga kebutuhan biaya lainnya, mengingat kredit yang disediakan Pemerintah penyalurannya bukan lagi secara massal, melainkan selektif sesuai dengan kebutuhan petani.

Hal senada juga kemukakan Kapten Cpl Pratikno, peran serta koramil dalam bidang pertanian hanya melakukan pendampingan kepada kelompok tani diwilayahya dengan menerjunkan Babinsa untuk mendampingi kelompok-kelompok tani untuk memberikan kesadaran bagi kelompok tani guna mewujudkan swasembada pangan didaerah.


Sudah dilihat 108 kali

Komentar