SOSIALISASI PEMILU DALAM RANGKA PENDIDIKAN POLITIK MASYARAKAT

25521 medium img 20180514 wa0037
Wonosari, AtmaGo
Pemilu 2019 sebagai puncak pesta demokrasi 5 tahunan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 yang akan memilih para anggota dewan legislatif DPR RI, DPD RI dan DPRD serta akan memilih presiden dan wakil presiden.

Menghadapi hal tersebut maka Badan Kesbangpol Kabupaten Gunungkidul mengadakan acara Sosialisasi Pemilu Dalam Rangka Pendidikan Politik Masyarakat dengan menghadirkan Organisasi Masyarakat dan Organisasi Kepemudaan.

Acara ini bertujuan memberikan Pendidikan politik bagi masyarakat bagaimana proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Jika dikaitkan dengan partai politik, pendidikan politik bisa diartikan sebagai usaha sadar dan tersistematis dalam mentransformasikan segala sesuatu yang berkenaan dengan perjuangan partai politik tersebut kepada massanya agar mereka sadar akan peran dan fungsi, serta hak dan kewajibannya sebagai manusia atau warga negara.

Pemahaman masyarakat hingga saat ini masih banyak yang beranggapan bahwa sistem politik itu bukan urusan mereka melainkan urusan pemerintah, sehingga masyarakat masih ada yang dibodoh-bodohi atau diberikan janji–janji manis. Dalam realitanya atau penerapannya tidak sesuai dengan yang telah dijanjikan ketika sudah berhasil duduk.

Narasumber dalam acara ini adalah badan penyelenggara pemilu yaitu Panwaslu dan KPUD.
Acara ini di selenggarakan dua hari yaitu pada tanggal 14 sd 15 mei 2018 bertempat di Ruang Rapat 1 Pemda kabupaten Gunungkidul.

Untuk meminimalisir politik uang adalah sebagai anggota masyarakat kita wajib mengadakan pendekatan kultural terhadap masyarakat agar jangan mudah menerima iming - iming uang tanpa memperhitungkan kapasitas dari caleg imbuh Arkam dari Badan Kesbangpol Kabupaten Gunungkidul. (*)
Sudah dilihat 42 kali

Komentar