Songgo Sembako, Aksi Peduli Santri Joglo Jeep Selama Pandemi

0 0 66
Aksi simpatik digelar santri Joglo Jeep selama pandemi. Kegiatan bernama Sokong Tonggo (Songgo) Sembako dilakukan guna membantu warga sekitar terdampak wabah corona. Sokong Tonggo dalam Bahasa Indonesia berarti membantu tetangga. Kegiatan ini adalah salah satu bagian dari rangkaian aktifitas yang selama ini dilakukan komunitas santri yang beralamat di Jetis, Ngasem 01/XI, Gunungpring, Muntilan Kabupatan Magelang tersebut.

Koordinator Santri Joglo Jeep, Awaluddin Setya Aji menyampaikan, Songgo Sembako diperuntukan bagi warga sekitar padepokannya. Sembako itu berwujud beras, telur, minyak goreng, makanan ringan dan lainnya. Bungkusan berisi sembako lalu digantungkan di tempat yang telah disediakan di bagian bawah padepokan.

“Warga yang membutuhkan dipersilakan mengambil sesuai kebutuhan, maksimal 2 bungkus agar penerima manfaatnya bisa merata,”ujar Aji.

Di samping digantung, pihaknya juga mengedarkan sembako dengan mengendarai jeep, sebagai ciri khas komunitas penggemar otomotif itu.

Dikatakan Aji, kegiatan ini dilakukan awalnya pada saat pandemi covid mulai merebak, sekitar bulan April dan Mei. Pada awal kegiatan itu Songgo Sembako dilakukan 3 kali dalam seminggu, Seiring kondisi, saat ini Songgo Sembako dilakukan 1 kali seminggu, setiap hari Jumat.

Layanan gratis ini, menurut Aji, direspon banyak pihak. Selain warga penerima manfaat, kegiatan ini memunculkan kebiasaan warga berderma. Dukungan datang dari sejumlah kalangan, termasuk warga mampu di sekitar rumah dan tempat usahanya serta para sejawat pengusaha. Ketika masih dilakukan sendiri, kata Aji, paket sembako yang disalurkan sekitar 200 bungkus. Ketika para warga mampu lain ikut menyumbang, jumlahnya naik berlipat sampai 500 paket.

“Alhamdulillah, kegiatan saling menyokong ini memunculkan empati dan saling membantu dan menjadi pemicu kesukarelawanan warga lainnya,”lanjutnya.

Menurut Aji, Songgo Sembako merupakan bagian unit kegiatan dari aktifitas Santri Joglo Jeep. Kegiatan lain yang selama ini secara rutin dilakukan adalah Songgo Seni dan Budaya, Songgo Lingkungan Hidup, Songgo Kewirausahaan, Songgo Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Songgo Arsitektur dan Songgo Otomotif.

Ruh yang menjiwai Songgo adalah kegiatan yang menjalin silaturahmi dengan bergotong royong membantu sesama ,atas dasar kemampuan minimal yang dimiliki dari berbagai bidang keilmuan untuk kesejahteraan maksimal. Termasuk bekerjasama menjaga ketahanan pangan, menjaga keutuhan seni budaya pada nilai kearifan lokal dan konsultansi bidang lain.
Padepokan Santri Joglo Jeep adalah entitas kreatif yang berkarya dengan menggali potensi lokal secara optimal, tidak saja para aktivisnya, namun juga aktifitasnya yang bersumber dari kearifan setempat.

Menurut Aji, kegiatan yang saat ini sedang berjalan untuk membantu warga dan pondok pesantren serta masjid-masjid untuk penyediaan air bersih. Sesuai bidang keahlian yang dimiliki, Aji menginisasi penyediaan air minum sejak penghitungan potensi (debit) di sumber air, sampai pada konstruksi, distribusi dan evaluasi sistem air minum tersebut.

“Saat ini kami membantu Ponpes API Tegalrejo untuk penyediaan air bersih bagi 11.500 santri di sana. Alhamdulillah, daapt sumber air dan debitnya cukup, jalurnya ada dan secara teknis bisa mengalir ke pondok. Sekarang masih proses pengerjaan,”lanjut Aji.

Aji menambahkan, sejatinya Joglo Jeep adalah wadah bagi komunitas di wilayahnya untuk berbagai aktifitas, mulai dari pesilat, seniman, penggemar otomotif, penggemar keris, mahasiswa, gerakan pemuda dan lainnya.

Saat pandemi corona seperti sekarang, semua komunitas itu bergerak membantu sesama. Dengan berbagai kegiatan sesuai kemampuan dan keahlian, untuk kemanusiaan……

*Foto-foto Dokumentasi Joglo Jeep

#Wargalawancovid19
#MadaniCovid19

  Komentar untuk Songgo Sembako, Aksi Peduli Santri Joglo Jeep Selama Pandemi

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Situasi dan Kondisi Bukan Hambatan Petani

    Izzatul Fajriyah  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  2. Beritakan Lingkungan Sekitar, Pemuda Lamongan Adakan Kelas Jurnalisme Warga

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  3. GURU TK ABA MENCOREK BERTEKAD MEMBENTUK KARAKTER ANAK DIPENDIDIKAN USIA DINI

    Roy cahya pratama putra  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  4. Pelanggaran kampanye Pada pilkada di kab, Lamongan

    Wais Al Qorni  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Situasi dan Kondisi Bukan Hambatan Petani

    Izzatul Fajriyah  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  2. 2
    Komentar

    GURU TK ABA MENCOREK BERTEKAD MEMBENTUK KARAKTER ANAK DIPENDIDIKAN USIA DINI

    Roy cahya pratama putra  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  3. 2
    Komentar

    Beritakan Lingkungan Sekitar, Pemuda Lamongan Adakan Kelas Jurnalisme Warga

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  4. 2
    Komentar

    Potensi Wisata Desa

    Shella Rizqi Aulawwiyah  di  Paciran, Lamongan  |  22 Nov 2020