Sisi Hitam si Ponsel Cerdas

67398 medium post 71741 5a529deb 77f2 40b8 9c91 7f62ce01b298 2019 07 21t08 54 16.506 07 00
Kamu harus tau
Terlalu aktif dengan gadjet berpotensi kehilangan kehidupan kamu sendiri. Gadjet adalah hasil temuan manusia yang kemudian dibuat sedemikian rupa untuk mempermudah manusia dalam mengakses beberapa keperluan salah satunya berselancar di dunia maya. Kehadiran gadjet sebenarnya lebih menekankan kemudahan bagi penggunanya baik dalam berinteraksi maupun mencari temuan baru, sayang semakin pesat pertumbuhan gadjet justru belakangan manusia malah mengabaikan kehidupan dan lebih memilih tinggal di dunia maya lewat akses internet. Mari sama-sama amati kebutuhan manusia di sekitar anda. Apakah pulsa Telepon dan SMS lebih dipentingkan dibanding Kuota?. Sampai di sini pasti kitapun menyadarinya, kebanyakan manusia lebih memilih membeli Kuota Internet dibanding Pulsa yang awalnya tak pernah lepas dari kemunculan ponsel. Jadi jika dihitung-hitung bisa saja hampir keseluruhan manusia mengunjungi dunia maya dengan menjembatani beragam jenis media sosial. Sayangnya keaktifan tersebut justru sangat berdampak buruk.
Perlu anda ketahui, dalam tampilan ponsel cerdas terdapat sinar biru. Melirik lebih jauh saya mengambil temuan dari situs hellomata.com yang menjelaskan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Toledo di Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa paparan sinar biru yang terlalu lama bisa memicu sel-sel fotoreseptor (peka cahaya) pada mata untuk menghasilkan molekul beracun yang membahayakan mata. Molekul yang disebut sebagai retinal ini awalnya berfungsi untuk membantu sel fotoreseptor untuk menangkap cahaya dan menyalurkan sinyal ke otak. Namun, adanya sinar biru bisa mengubah retinal menjadi molekul yang berbahaya untuk sel fotoreseptor karena bisa melarutkan membran sel fotoreseptor.

Selain itu, kekhawatiran juga muncul dari ketidaksingkron manusia terhadap manusia lain, kita mengenal kesosialisasian. Jika ponsel cerdas jadi penghalang hal tersebut, bisa dipastikan pola pikir dan pengetahuan tidak akan cukup untuk mencukupi kebituhan hidup. Bayangkan anak-anak yang kesehariannya aktif dengan game onlain, bagaimana bisa mereka menyeimbangkan pendidikannya jika segala bentuk game onlain dan cara bermain yang sangat mereka pahami tak sebanding mereka memahami pengetahuan yang ada di sekolah lewat guru-gurunya.
Jadi... Tahukan anda jika gadjet yakni ponsel cerdas juga bisa berdampak buruk, walau banyak sekali dampak positif di dalamnya.

Mau tau apa saja dampak positifnya??

Next.....
Sudah dilihat 39 kali

Komentar