Sinden Siter Pembentuk Karakter Pelestari Kesenian

37653 medium sinden siter
Perpaduan vokal dan alunan nada yang dipetik dari alat musik siter terdengar sayup-sayup dari pintu masuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Yogyakarta, Tak sedikit yang kelihatan mencari sumber suara indah tersebut. Seakan dituntun oleh indera dengar, dengan gampang perhatian akan tertuju kepada bangunan gazebo diujung pintu barat dimana terdapat dua orang dengan pakaian tradisional sedang pentas menghibur.

Adalah Pipit Fitriyani sang Sinden dan Karnadi sang Pemetik Siter, dua orang seniman yang tergabung dalam Group Karna Laras. Anak-anak muda ini telah 3 tahun selalu menghibur warga yang berobat dan bezuk di RSUD Kota Yogyakarta.

“Profesi saya sebagai seniwati jadi sudah hobi” menjawab pertanyaan tentang pilihan karirnya. “Ngolah rasa sebagai pembentukan karakter yang bisa merasakan irama gending dan bisa mengajak yang mendengarkan jiga ikut dalam lantunan musik yang kita mainkan agar bisa merasa nyaman” tambahnya.

Pipit dan Karnadi setia menghibur pasien rawat jalan setiap Senin hingga Sabtu di pagi hari.

“Nguri-uri kebudayaan jawa juga mengenalkan dan memberikat motivasi kepada khalayak agar mencintai seni dan juga para kaum muda agar sayang kepada seni dan turut melestarikannya” pungkasnya sembari cerita beberapa kali pasien kelupaan nomor antrian karena terhanyut sajian pentasnya.

Group Karna Laras ini juga tampil di Acara Teras Kita dari Teras IDEA dalam Talkshow Literasi Media Perempuan Merebut Ruang Publik yang disiarkan Pro 1 RRI Yogyakarta beberapa waktu yang lalu.
Sudah dilihat 69 kali

Komentar