Simpu Belajar MADANI Jombang, Memperkuat Akuntabilitas Pemerintah Daerah dan Mendorong Toleransi

17 September 2020, 12:47 WIB
2 0 50
Gambar untuk Simpu Belajar MADANI Jombang, Memperkuat Akuntabilitas Pemerintah Daerah dan Mendorong Toleransi
Perkumpulan Sanggar Hijau Indonesia (SHI) organisasi non-profit mempunyai visi membangun generasi berbudaya hijau yang berkomitmen tinggi terhadap pelestarian lingkungan, ditunjuk sebagai mitra utama program MADANI Kab. Jombang yang mempunyai tujuan untuk pengembangan kapasitas, legitimasi, keberlanjutan Organisasi Masyarakat Sipil dan meningkatkan akuntabilitas pemerintah serta mendorong toleransi masyarakat di Indonesia. Progam MADANI Kab. Jombang mempunyai area bidang tematik, Mitra Utama akan berkontribusi Tata Kelola Sumber Daya Alam: Pengelolaan Sampah.

Untuk meningkatkan akuntabilitas pemerintah daerah atau keberagaman sosial di kab. Jombang, mitra utama membentuk dan mengembangkan Simpul Belajar serta melaksanakan Rencana Aksi Tematik dengan membangun kemitraan antara OMS, pemerintah daerah, media, dan sektor swasta; mendukung kapasitas masyarakat dalam melaksanakan peran demokrasi mereka terkait masalah-masalah publik; sesuai area tematik. Simpul Belajar mengembangkan kapasitas melalui praktik langsung, yaitu dengan membangun kapasitas untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah-masalah yang ada di daerah; berjejaring dan mengadaptasi perubahan ke sistem setempat dengan bersama-sama menyusun dan melaksanakan kegiatan; serta menguji solusi dan mengkampanyekan perubahan sosial. Simpul Belajar dimaksudkan untuk mengatasi masalah pembangunan daerah dengan memanfaatkan aset dan sumber daya di daerah Kabupaten Jombang.

Kegiatan inisiasi simpul belajar MADANI Jombang dilaksanakan dua hari di Jong Abang cafe. Pertemuan terbagi dua kelompok, di hari pertama tgl 15 September 2020 beberapa Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dalam isu sektoral terkait Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Sampah yang ada di wilayah Kabupaten Jombang dihadiri LSM Santri Jogo Kali, Yayasan Air Kita, Bank Sampah Induk Jombang, Bank Sampah Makmur Karya Mandiri, Ponpes Fathul Ulum Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM), Kelompok Swadaya Masyarakat Tempat Pengolahan Sampah berbasis 3R Desa Rejoagung (KSM TPS3R Rejoagung Berseri).
Dihari kedua tanggal 16 september 2020 Peserta yang terlibat dalam dari beberapa Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) lintas sektoral mulai dari Lembaga Pemerintah, LSM, Organisasi Keagamaan, Lembaga Peduli Perempuan dan Anak, Organisasi Peduli Disabilitas dan Jurnalis dihadiri OMS Suara Difabel Mandiri (SDM), KPPW BAMAG, PKK Kab. Jombang, Pengurus Cabang Fatayat NU, WCC Jombang, LAKPESDAM NU, Koalisi Perempuan Indonesia (KPI), Kabar Jombang.com.
Kegiatan pertemuan inisiasi simpul belajar ini secara umum bertujuan untuk Memberdayakan dan memperjuangkan kepentingan masyarakat demi tercapainya masyarakat yang MADANI, "Simpul Belajar merupakan ruang bagi OMS dan stakeholder lainnya untuk berjejaring, belajar, berbagi pengetahuan, mencari solusi, berkolaborasi, aksi bersama, untuk permasalahan, terutama yang terkait dengan tata kelola SDA hal dan membangun aliansi, tutur Yam Saroh manager Perkumpulan SHI.
#simpulbelajarmadanijombang

  Komentar untuk Simpu Belajar MADANI Jombang, Memperkuat Akuntabilitas Pemerintah Daerah dan Mendorong Toleransi

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. CleanUp Kerja Bakti

    Pemuda Sosial Pulo Timaha  di  Babelan, Bekasi Kabupaten  |  19 Sep 2020
  2. Berkolaborasi Menggapai Mimpi Kampung Karangwaru Kidul, Tegalrejo

    Abdul Razaq  di  Tegalrejo, Yogyakarta  |  18 Sep 2020
  3. Penyusunan Masterplan Kampung Surokarsan

    mas agus  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  19 Sep 2020
  4. Warga Kampung Wirogunan Lakukan Mapping Wilayah untuk Penyusunan Masterplan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  20 Sep 2020

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    WORLDCLEANUPDAY, 19 SEPTEMBER 2020

    Umi sulvian  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  19 Sep 2020
  2. 4
    Komentar

    Penyusunan Masterplan Kampung Surokarsan

    mas agus  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  19 Sep 2020
  3. 1
    Komentar

    FORMMAD WARNA BARU KEGIATAN OMS DI BOYOLALI

    Fafa Siregar  di  Wonosegoro, Boyolali  |  15 Sep 2020
  4. 1
    Komentar