Siapkah dengan Revolusi Industri 4.0..?

43930 medium screenshot 20181226 071122
Siapkah masyarakat indonesia dengan Revolusi Industri 4.0 yang akan terjadi sebentar lagi. Revolusi industri tersebut akan sangat mempermudah manusia dalam memperoleh banyak keuntungan. Contoh sederhana bisa dilihat dari semakin menjamurnya Ojek Online (OJOL), sebelum lahir Ojol, masyarakat akan sangat kerepotan jika membutuhkan jasa transportasi roda dua yakni Ojek pangkalan, mesti ke tempat berkumpulnya para ojek tersebut. Namun dengan Ojol, pemanfaatan Ojek lebih mudah, hanya lewat aplikasi yang ada di ponsel cerdas, konsumen bisa mendatangkan ojek yang kita sebut Ojol, di samping itu, kini pembayaranyapun bisa melalui aplikasi yang juga ada di ponsel cerdas. Sayangnya tidak semua masyarakat senang dengan keberadaan Ojol. Perlu diperhatikan, perlahan tapi pasti Ojol akan semakin menjamur, dan di situ mau tidak mau masyarakat yang tidak menyenangi keberadaannya, harus bersiap menerimanya. Kita paham bagaimana sulitnya mencari pekerjaan, begitu pula para tukang Ojek pangkalan yang juga akan sangat tertekan dengan kehadiran para Ojol, tapi begitulah teknologi, jika tidak mengikuti perkembanganya akan tertinggal. Lain hal dengan para pekerja pabrik, atau bahkan pekerja lain yang bekerja di berbagai sektor pekerjaan, lambat laun sudah dipastikan akan bernasib sama dengan para tukang ojek pangkalan, tergerus dengan peradaban zaman, dengan teknologi yang terus menggila dengan segudang manfaatnya. Industri 4.0 bukanlah musibah jika umumnya manusia mengikuti perkembangan teknologi, sebab pada dasarnya teknologi yang dihasilkan adalah hasil dari pemikiran manusia untuk mempermudah segala bentuk permasalahan, menolaknya sama saja tidak menerima kecerdasan yang sudah tuhan berikan.
Revolusi Industri 4.0 adalah adalah sebuah kondisi pada abad ke-21, ketika kecerdasan manusia berhasil membuat banyak perubahan besar-besaran di berbagai bidang lewat perpaduan teknologi yang mengurangi sekat-sekat antara dunia fisik, digital, dan biologi. Revolusi ini ditandai dengan kemajuan teknologi dalam berbagai bidang, khususnya kecerdasan buatan, robot, blockchain, teknologi nano, komputer kuantum, bioteknologi, Internet of Things, percetakan 3D, dan kendaraan tanpa awak.
Sayangnya, peran para tenaga kerja manusia perlahan akan digerus habis oleh robot-robot lantaran keefisiennya. Bukan perkara mudah untuk menerima Revolisi Industri, tapi mengakuinya adalah kebenaran yang harus diterima. Mulailah mengikuti perkembangan Revolusi Industri, atau mengasah kemampuan yang tidak bisa dilakukan para robot-robot adalah sekelumit cara untuk tetap bertahan pada peradaban 21, Atau mungkin anda bisa menjadi tuan para robot tersebut?.
Sudah dilihat 41 kali

Komentar