Setelah kuliah kamu mau jadi apa?

2 September 2019, 12:22 WIB
1 0 288
Gambar untuk Setelah kuliah kamu mau jadi apa?
Menunggu berita kelulusan adalah hal yang paling ditunggu setiap siswa yang baru saja melakukan ujian nasional, bukan hanya pengumuman hasil ujian tetapi hasil pengumuman seleksi Perguruan Tinggi adalah salah satu hal yang paling sangat dinanti. Dulu, sebelum duduk di bangku kuliah saya harus melewati beberapa masa sulit mulai dari gagal di jalur SNMPTN, terhalang biaya kuliah yang makin mahal, dan beberapa hal lain. Tentu jika dihadapkan dengan hal seperti itu pilihannya hanya dua: Mau lebih berusaha mencoba lagi atau mengakhiri perjuangan dengan berkata (Saya menyerah?)Tentunya tidak dengan kata menyerah.

"Barangsiapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan berhasil", kalimat yang cukup familiar bukan? Lakukan semaksimal mungkin untuk sesuatu yang sangat amat engkau inginkan. Allah itu punya rencana lain, ketika kamu di gagalkan di satu kesempatan tapi percayalah Allah menyiapkan banyak kesempatan lain yang bisa kamu dapatkan. Betapa banyak pertolongan Allah pada saat itu, ketika gagal di jalur SNMPTN tapi Allah luluskan di jalur SBMPTN, ketika terhalang di biaya, Allah berikan kemudahan dengan memberikan kesempatan saya untuk merasakan kuliah dengan bantuan beasiswa Bidikmisi.

Ada banyak kejutan yang Allah berikan untuk mereka yang mau berusaha. Mendapatkan kesempatan merasakan jadi seorang mahasiswa tentunya tidak saya sia-siakan begitu saja. Selama kuliah saya aktif dibeberapa organisasi, saya benar-benar memanfaatkan gelar mahasiswa dengan sebaik-baiknya.

Memasuki tahun ketiga berada di kampus Universitas Tadulako, bukanlah waktu yang sedikit untuk mencuri ilmu yang ada didalamnya.
Amat sangat merugi jika masa kuliah mu hanya kau habiskan untuk menimbah ilmu dikelas selepas itu kembali ke rumah tanpa melakukan aktivitas luar.

Selama kuliah saya mencoba mencari minat dan bakat, lebih tepatnya mencari jati diri. Di awal tahun kuliah saya sudah mulai gabung di lembaga kepenulisan, tidak puas di satu lembaga saya pun ikut di organisasi luar kampus, yahh memang serakah bukan? Tapi kalau untuk menuntut ilmu mengapa tidak.

Beranjak ke tahun berikutnya saya mulai mencoba hobi baru tapi masih berkaitan dengan dunia kepenulisan. Di semester tiga saya gabung di salah satu instansi dalam kampus yang bergerak di bidang jurnalistik, sangat menantang untuk seorang mahasiswa yang berbekal ilmu yang sangat sedikit. Saya menemukan ketertarikan di dunia jurnalistik, sebab dengan berbekal pulpen dan catatan kecil saya bisa bertemu dengan orang-orang penting, masuk di event besar dengan gratis, dapat ilmu yang bermanfaat dan tentunya hasil dari tulisanku diberi upah.

Kalian tau, hobby apa yang paling menyenangkan? Hobby yang di bayar dan tentunya bermanfaat. Saya mulai menekuni dunia jurnalistik di akhir semester dan saya benar-benar jatuh hati di dunia jurnalistik. Dengan waktu kuliah yang mulai menua, saya melepaskan beberapa organisasi dan mulai fokus di tugas akhir serta bekerja paruh waktu yang tentunya di dunia jurnalistik tetapi berbeda tempat.

Benar-benar memanfaatkan gelar mahasiswa, awal kuliah dilemanya hanya tentang bagaimana menjadi mahasiswa yang baik, bagaimana mendapatkan nilai A, berorganisasi, dan menyelesaikan masa studi kuliah dengan jangka waktu yang singkat. Hingga di penghujung kuliah dilemanya pun berganti, selesai kuliah nanti bagaimana? Lanjut S2, Menikah, Melanjutkan/mencari pekerjaan, atau selesai kuliah tidak melakukan apapun.
Setelah kuliah kamu mau jadi apa? Itu kembali ke pilihan masing-masing.
#AtmaGo #wargabantuwarga

  Komentar untuk Setelah kuliah kamu mau jadi apa?

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Pesan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah Untuk Sang Kepala Sekolah

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  26 May 2020
  2. Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  3. Situs Untuk Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Surabaya  |  21 May 2020
  4. #yukpedulitetangga

    Eriyana Putri Nuramdani  di  Citamiang, Sukabumi Kota  |  21 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

    Lalu Iskandar  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  2. 4
    Komentar

    Pesan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah Untuk Sang Kepala Sekolah

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  26 May 2020
  3. 3
    Komentar

    Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  4. 3
    Komentar

    Hargailah Para Pejuang Melawan Covid-19

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020