Sertu Sugeng PW Bantu Petani Krapyak Pupuk Tanaman Padi

68931 medium bbs ngoro %281%29  a 68932 medium bbs ngoro %281%29  a
Mojokerto - Babinsa Koramil 0815/12 Ngoro Kodim 0815 Mojokerto, Sertu Sugeng Prakto Wiyoto melaksanakan pendampingan pemupukan tanaman padi di lahan seluas 4.000 meter, milik Wagi, Poktan Tani Krapyak, Dusun Krapyak, Desa Kutogirang, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (05/08/2019).

Sertu Sugeng PW menerangkan, pemupukan tanaman padi varietas IR 64 berumur kurang lebih 30 hari milik Pak Wagi ini, menggunakan pupuk urea yang memiliki kandungan nitrogen yang sangat diperlukan tanaman padi pada masa pertumbuhan.

Masih terang Sertu Sugeng PW, pemupukan yang teratur harus dilakukan saat tanaman padi mulai berusia tujuh hari setelah tanam, kemudian saat padi berumur dua puluh hari dan tiga puluh hari. “Demikian pula, dengan penggunaan jenis pupuk, takaran atau dosis juga harus tepat dan benar, termasuk waktu pemupukan harus tepat pula. Untuk itu, hal ini perlu dikonsultasikan atau mengikuti anjuran PPL,” ujarnya.

“Pemupukan ini bertujuan untuk memaksimalkan capaian produksi gabah saat panen nantinya sehingga diharapkan ketahanan pangan dan pendapatan petani akan bertambah serta program swasembada pangan yang digalakkan oleh pemerintah akan terwujud,” demikian beber Sertu Sugeng.

“Selain pemupukan, diperlukan juga perawatan tanaman padi, melalui pembersihan gulma dan rumput liar secara terjadwal, pengecekan hama dan penyakit tanaman serta pengairan yang cukup disesuaikan dengan umur tanaman,”tambahnya.

Untuk diketahui, aktivitas pendampingan yang dilakukan Babinsa merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan guna membantu petani mewujudkan swasembada pangan di wilayah.
Sudah dilihat 25 kali

Komentar