Sering Tidak Disadari, Ini 5 Tanda Anda Butuh Me Time

67129 medium 18072019
Rutinitas harian bisa membuat Anda merasa muak dan merasa terjebak. Itu sebabnya kadang Anda butuh me time. Tak hanya jenuh dengan kegiatan sehari-hari, rasa lelah bertemu dengan orang sekitar juga bisa muncul. Jika itu, yang terjadi, mungkin tubuh sedang memberi tanda bahwa Anda butuh me time.

Mengapa orang butuh me time?
Sebelum mengetahui tanda-tanda bahwa Anda butuh me time, ada pentingnya untuk mengetahui mengapa Anda memerlukannya.
Menghabiskan waktu seorang diri tidak seburuk kedengarannya. Manusia adalah makhluk sosial dan butuh bersosialisasi dengan yang lain, tetapi ada kalanya Anda juga butuh waktu sendiri.

Waktu sendiri ini bisa membawa berbagai manfaat, di antaranya:

Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas
Membuat Anda lebih paham dengan diri sendiri
Tubuh dan pikiran menjadi lebih segar
Memperbaiki hubungan dengan orang lain
Kemampuan bersosialisasi meningkat
Apa saja tanda yang muncul ketika butuh me time?
Anda mungkin saja tidak menyadari tanda yang diberikan tubuh bahwa Anda butuh me time. Padahal, semakin cepat disadari, semakin terasa manfaatnya di tubuh Anda.

Jika Anda mengalami tanda-tanda di bawah ini, usahakan untuk meluangkan waktu bagi diri sendiri dan menjauhi segala rutinitas yang membosankan tersebut.

1. Hidup tidak lagi terasa menyenangkan
Salah satu tanda yang paling sering muncul saat Anda butuh me time adalah semua aktivitas harian Anda terasa membosankan dan menyebalkan.

Misalnya, Anda biasanya semangat dalam bekerja. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu ada masanya ketika semuanya terasa membosankan.

Anda mulai mengulur waktu untuk mengerjakan sesuatu dan kesulitan mendapatkan ide. Nah, agar kreativitas Anda tidak terkikis, me time adalah jalan keluar Anda.

Cobalah untuk mengambil cuti beberapa hari dan berlibur sendirian. Hal ini dilakukan agar energi dan kesehatan jiwa Anda terisi ulang. Siapa tahu di tengah perjalanan Anda menemukan kembali ide yang sudah lama hilang?

2. Berbicara tanpa berpikir ulang
Apakah Anda pernah menyakiti pasangan atau teman Anda tanpa sengaja karena berbicara sekenanya? Biasanya, mereka yang melakukan hal itu cenderung disebabkan oleh perasaan tertekan dan stres.

Itu sebabnya, sering kali mereka tak memikirkan ulang apa yang dibicarakan dan terlontarlah perkataan kasar yang melukai hati orang lain. Namun, Anda pun segera menyadari bahwa itu adalah kesalahan.

Ini adalah salah satu tanda Anda butuh me time. Jika mengalami hal tersebut, cobalah untuk menjauhkan diri dari lingkungan Anda untuk sementara waktu.

Menyendiri mungkin akan terlihat menyedihkan, tetapi setidaknya dengan begitu Anda bisa memahami perasaan diri sendiri dan orang lain. Gunakan waktu itu untuk merefleksikan ulang.

3. Selalu merasa lelah
Terjebak dalam rutinitas yang itu-itu saja tentu membuat semua orang menjadi lelah. Walaupun Anda sudah tidur cukup, tetap saja tidak ada semangat dan tubuh terasa lebih capek.

Hal ini dapat terjadi akibat Anda yang melampaui batas diri sendiri. Contohnya, pekerjaan Anda sudah menumpuk dan ditambah dengan berbagai proyek dari luar pekerjaan.

Akibatnya Anda merasa cepat lelah karena setiap menyelesaikan pekerjaan, gunungan tugas itu seolah tidak berkurang.

Cobalah untuk rehat sejenak dari segala aktivitas harian Anda dan melakukan kegiatan yang dapat membuat Anda lebih rileks.

4. Terlalu khawatir
Tanda Anda butuh me time adalah merasa khawatir terhadap hal-hal kecil. Walaupun terlihat normal, rasa cemas yang berlebihan berpengaruh pada kehidupan Anda.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mengambil banyak pekerjaan bisa membuat Anda stres dan cemas. Dampaknya, urusan yang sedang Anda kerjakan sekarang bisa berujung pada kekacauan.

Apabila Anda merasa kekhawatiran ini telah berlangsung selama beberapa bulan, cobalah untuk memeriksakan diri ke ahlinya. Setelah itu, pergi berlibur atau sekadar jalan-jalan sendiri bisa jadi pilihan yang baik.

5. Sering bersembunyi dari orang lain
Pernahkah Anda berdiam diri di toilet beberapa jam hanya untuk menghindari orang lain? Jika ya, itu artinya tubuh Anda sudah memberi tahu bahwa Anda butuh me time. Mengapa demikian?

Ketika Anda menginginkan sebuah kedamaian dengan mencoba menghindar dari orang lain, me time adalah solusi dari masalah tersebut. Anda tentunya tidak ingin bukan membuat orang terdekat salah paham akibat emosi yang tengah Anda rasakan, bukan?

Memang ini bukan salah mereka, tetapi tidak ada salahnya untuk mengatakan yang sesungguhnya bahwa Anda butuh menyendiri.

Jika tanda-tanda butuh me time di atas sudah mulai muncul, cobalah untuk mengikuti kata hati Anda. Tidak ada salahnya untuk meliburkan diri dari rutinitas padat yang membuat Anda lelah.

Bila tetap terasa terlalu berat, ceritakan kondisi Anda kepada ahli untuk mendapatkan alternatif solusi lainnya.


sumber: hellosehat
foto: hellosehat
Sudah dilihat 19 kali

Komentar