Septic Tank Jebol, Penghuni Huntara Layana Hirup Bau Busu Tiap Hari.

6 July 2019, 14:32 WIB
5 0 60
Gambar untuk Septic Tank Jebol, Penghuni Huntara Layana Hirup Bau Busu Tiap Hari.
Sejumlah penyintas yang tinggal di hunian sementara (huntara) yang dibangun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) harus lebih bersabar.

Sebab, septic tank huntara yang dibangun di Kelurahan Layana Indah, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu bocor sejak pertama kali ditempati. Kebocoran tersebut membuat air septic tank merembes ke halaman huntara dan menimbulkan bau tak sedap.

Belum lagi, kondisi diperparah dengan tidak adanya jaringan drainase di lingkungan huntara yang dihuni oleh 127 kepala keluarga tersebut. Sehingga rembesan air limbah menggenang begitu saja di depan bilik huntara.

Saat ditemui TribunPalu.com pada Kamis (4/7/2019), salah seorang penyintas, Syamsuddin mengatakan, bau busuk dari septic tank bocor itu mereka hirup sejak dua pekan menempati huntara tersebut.

Sehingga menurutnya, septic tank itu rusak sejak pertama kali selesai dibuat oleh pihak kontraktor. Warga Layana Indah yang tinggal di pesisir pantai itu mulai menempati huntara tersebut sejak awal April 2019 lalu. Kata Syamsuddin, septic tank yang bocor tidak hanya satu, melainkan ada dua septic tank yang bocor.

Sementara, setiap septic tank digunakan oleh dua unit huntara berpenghuni 24 kepala keluarga. "Baunya sangat menyengat, bahkan satu septic tank dibuatkan lubang penampungan air sama kontraktornya, selanjutnya hanya dibiarkan begitu saja," ungkap Ketua RT 1 RW 1 Kelurahan Layana Indah tersebut.

Penyintas di huntara tersebut sudah pernah melaporkan septic tank yang bocor kepada pihak kontraktor, BUMN Adhi Karya.

"Tapi pekerja hanya datang gali lubang, baru pergi lubang besar (penampungan air limbah, red.) dibiarkan, bahkan sudah ada orang yang jatuh ke dalamnya," kata Syamsuddin.

Penghuni huntara, Siti Mutmainah, salah seorang penyintas yang terdampak langsung bau busuk septic tank bocor juga berharap adanya perbaikan.

Sebab, rembesan air limbah berada tepat di depan huntara miliknya.

"Kami harap semoga cepat diatasi," terangnya.

Sumber : tribun palu

  Komentar untuk Septic Tank Jebol, Penghuni Huntara Layana Hirup Bau Busu Tiap Hari.

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!