Sepekan Ditemukan, Belum Ada Kejelasan Pemilik Kulit Kabel di Gorong-gorong

13756 medium sepekan ditemukan  belum ada kejelasan pemilik kulit kabel di gorong gorong
Penemuan kulit kabel di gorong-gorong Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan pekan lalu menjadi perbincangan di masyarakat. Ini karena sumber banjir yang sering melanda kawasan diduga karena sumbatan akibat adanya kulit kabel tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengatakan, pihaknya masih mendalami apakah ada unsur sabotase dalam penemuan kulit kabel itu.

Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta sudah diminta menyisir seluruh gorong-gorong yang ada di Jakarta, khususnya di lokasi yang rawan terjadi genangan. Jika dalam penyisiran itu ditemukan kulit kabel di sejumlah titik, bisa jadi ada sabotase yang dilakukan pihak tertentu.

"Cek seluruh gorong-gorong, apakah ditemukan di tempat lain atau tidak. Kalau ditemukan di banyak tempat itu tentu berbeda. Berarti ada unsur sabotase, kalau cuma satu tempat kami enggak bisa menyimpulkan semudah itu," ujar Sumarsono, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (7/3/2017).

Sumarsono juga akan meminta klarifikasi PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) guna mengonfirmasi temuan kulit kabel di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan pekan lalu. Ini karena ada dugaan bahwa kulit kabel yang ditemukan merupakan milik PLN.

Dugaan itu terjadi karena pada Maret 2016, Pemprov DKI juga menemukan kulit kabel milik PLN yang dicuri dan dibuang di gorong-gorong Jalan Merdeka Selatan.

Soni juga telah membentuk tim kecil untuk menindaklanjuti hal itu. Pemprov DKI Jakarta dibantu pihak kepolisiaan untuk mendalami penemuan kulit kabel di gorong-gorong itu.

Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Purwanta mengatakan, Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Selatan saat ini tengah melakukan penelusuran. Polisi masih menyelidiki apakah kulit kabel yang dibuang ke gorong-gorong itu memiliki kaitan dengan kasus pencurian atau tidak.

Dalam menyelidiki kasus ini, kata Purwanta, kepolisian tak perlu menunggu adanya laporan dari masyarakat. Pihak kepolisian juga belum dapat merinci kulit kabel yang ditemukan tersebut milik siapa. Menurut dia perlu dilakukan penelusuran lebih lanjut.

"Kan nanti dicek dulu, disamakan dengan PLN. Kami tanyakan ahlinya apakah ini dari PLN atau dari mana," kata Purwanta.

Petugas menemukan sebanyak 7 mobil pikap sampah kulit kabel listrik di gorong-gorong Jalan Gatot Subroto hingga Senin (6/3/2017). Temuan kulit kabel di dalam gorong-gorong itu juga terjadi pada Maret 2016.

Sumber: Kompas

Komentar