Senam Diabetes

15 February 2019, 2:32
4 0 91
Gambar untuk Senam Diabetes
Ada yang berbeda dalam pertemuan komunitas perempuan anggota Serikat Perempuan Independen (SPI) Deli Serdang hari itu. Pertemuan yang dihadiri seratusan peserta itu dilaksanakan di halaman rumah salah satu anggota dengan menghamparkan tikar plastik.

Yang berbeda dari biasanya adalah, acara dibuka dengan senam. Menurut Ifnita (Ketua SPI Desa Denai Kuala), itu adalah Senam anti Diabetes yang diajarkan oleh anggota SPI Labuhan Batu, pada pertemuan Pelatihan AtmaGo di Medan belum lama ini. Semua peserta menyukainya. "Selain untuk tujuan mengontrol gula darah, gerakan-gerakan senam ini juga mudah," jelas Ifnita lagi.

Usai melakukan senam bersama, menyeka keringat dan meneguk air putih yang disediakan tuan rumah, barulah diskusi dimulai. Kali ini topik diskusi tentang Pemilu 2019. Lely Zailani, Ketua Pengurus HAPSARI (Himpunan Serikat Perempuan Indonesia) yang merupakan organisasi peyung di mana SPI bergabung menyampaikan beberapa point penting, terkait Pemilu serentak tanggal 17 April 2019 mendatang.

Sebagaimana diketahui, pada Pemilu kali ini, kita akan memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat Kabupaten dan Propinsi, serta DPR RI. Juga akan memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD) dan memilih Presiden untuk periode 2019 - 2024.

Oleh karena itu, maka :
(1) Gunakan hak pilih yang hanya lima tahun sekali ini dengan cerdas. Kenali kandidat yang akan dipilih; kenali partai pengusungnya, terlibat korupsi atau tidak, pelaku kekerasan terhadap perempuan dan anak atau tidak, mendukung Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual atau tidak.
(2) Jangan golput (golongan putih, istilah untuk pemilih yang tidak mau menggunakan hak pilihnya, entah dengan sengaja atau ikut-ikutan). Sebab jika kita golput pun, Pemilu akan jalan terus dan itu artinya, kita tidak perduli dengan masa depan bangsa ini.
(3) Jangan mau pilihan kita diarahkan oleh seseorang, atas nama apapun. Sebab prinsip Pemilu adalah LUBER (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia)

Langsung; artinya dilakukan secara langsung tanpa perantara/perwakilan,
Umum; artinya berlaku untuk semua warga yang telah mempunyai hak pilih,
Bebas; artinya semua pemilih bebas menentukan siapa yang akan dipilihnya, tidak boleh ada paksaan,
Rahasia; pilihan kita dirahasiakan, tidak ada kewajiban memberitahukannya kepada siapa pun.

Jadi, selain sehat karena kadar gula darah terkontrol, perempuan anggota SPI Deli Serdang juga harus menjadi pemilih cerdas pada Pemilu tanggal 17 April 2019 mendatang.***

  Komentar untuk Senam Diabetes

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!